GEOLOGI DAN GEOTREK LINTASAN GUNUNG GORA-WADUK MALAHAYU KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES, PROVINSI JAWA TENGAH

Nasrudin -

Abstract


Secara administratif daerah pemetaan mencakup daerah Malahayu dan sekitarnya Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes Povinsi Jawa Tengah. Dengan luas ± 66,55 km2. Berdasarkan genetiknya geomorfologi daerah penelitian dibagi menjadi 4 (empat) satuan geomorfologi, yaitu Satuan Geomorfologi Dataran Lipat patahan, Satuan Geomorfologi Perbukitan Lipatan, Satuan Geomorfologi Perbukitan Lipat Patahan dan satuan geomorfologi dataran aluvial. Pola aliran sungai yang terdapat di daerah penelitian yaitu pola aliran trelis, dendritik, dan radial  Tahapan erosi dan jentera geomorfik di daerah penelitian berada pada tahapan muda, dewasa, dan tua.

Tatanan batuan dari yang tertua hingga termuda adalah Satuan Batuan Batupasir Selang-seling Batulempung (Formasi Halang), berumur Miosen Akhir atau N14–N18 diendapkan pada lingkungan laut dalam. Satuan Breksi (Formasi Kumbang) berumur Miosen Akhir–Pliosen Awal atau N18–N19 diendapkan pada lingkungan laut dalam. Hubungan stratigrafi antara kedua satuan ini menjemari. Aluvial sungai yang terdiri dari material lepas lempung hingga bongkah merupakan endapan termuda yang ada didaerah penelitian.

Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian berupa kekar, lipatan dan patahan. Kekar yang dijumpai jenis kekar gerus dan kekar tarik. Struktur lipatan yang berkembang pada daerah penelitian berupa antiklin Dukuh Badag, Cisalak, serta sinklin Dukuh Badag, Cibeber dan Lebak Ciomas. Struktur sesar yang dijumpai adalah sesar mendatar Penanggapan.  Keseluruhan struktur yang ada di daerah penelitian terjadi dalam satu perioda tektonik, yaitu pada kala Pliosen Akhir (N20) dengan arah gaya utama berkisar antara N330°E atau relatif Baratlaut-Tenggara. Hasil kajian geowisata menghasilkan 3 (tiga) peta yaitu, peta obyek wisata dan peta obyek geologi, dari kedua peta tersebut menghasilkan peta obyek geotrek.

Kata Kunci : Geologi, geotrek,jalur Gn. Gora – Waduk Malahayu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.