GEOLOGIDAN POTENSI SUMBERDAYA BAHAN GALIAN "C" DAERAH PENGARASAN DAN SEKITARNYA KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES PROPINSI JAWA TENGAH

Tomi Sumjaya

Abstract


Penelitian di lakukandi daerah Pengarasan dengan luas wilayah ± 72 kmtermasuk ke dalam, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Propinsi Jawa Tengah.Daerah penelitian  dibagi menjadi 3 (tiga) satuan geomorfologi, yaitu : Satuan Geomorfologi Perbukitan Lipat Patahan, Satuan Geomorfologi Perbukitan Kaki Gunungapidan Satuan Geomorfologi Dataran Aluvial. Pola aliran sungai yang berkembang adalah  pola aliran trellis,pola aliran paralell dan pola aliran sub paralell, dengan genetika sungai obsekuen, subsekuen dan konsekuen  dengan stadia sungai yang berkembang adalah  muda - dewasa. Jentera geomorfik masuk  ke dalam katagori muda dan dewasa.

Tatanan batuan yang tersingkap dari  tua ke  muda  adalahsatuan batupasir selang-seling batulempung sisipan batupasir konglomeratan dan breksi (Formasi Halang), berumur Miosen Akhir  (N16-N17) yang diendapkan pada lingkungan laut dalam pada kipas tengah bagian berlembah sampai datar. Secara tidak selaras di atasnya diendapkan satuan batulempung sisipan batupasir (Formasi Kalibiuk) berumur  Pliosen Awal  (N19- N20) pada lingkungan laut dangkal.Secara selaras di atas diendapkan satuan batulempung selang – seling batupasir sisipan batubara (Formasi Kaliglagah) berumur  Pliosen Akhir – Plistosen Awal (N21 – N22) pada lingkungan transisi – darat. Secara selaras di atasnya diendapkan satuan  konglomerat selang – seling batupasir dan batulempung (Formasi Gintung),yang berumur Plistosen Akhir (N23)  pada lingkungan darat. 

Struktur – struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian berupa struktur kekar struktur lipatan dan struktur patahan yang terjadi  pada kala Plistosen dengan gaya utama berarah timur laut – barat daya sebesar N 420E. Daerah penelitian memiliki potensi bahan galian c berupa pasir dan batu, dengan jumlah cadangan pasir adalah 1.778.781m3dan cadangan batu adalah 267.939m3.

Kata Kunci : Geologi, potensi bahan galian “c” Bantarkawung, Brebes.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.