GEOLOGI DAN POTENSI SUMBERDAYA ANDESIT DAERAH SARIMUKTI DAN SEKITARNYA KECAMATAN CIPEUNDEUY, KABUPATEN BANDUNG JAWA BARAT

Willy Apryanto P

Abstract


Struktur geologi yang terdapat di daerah penelitian berupa kekar, lipatan dan patahan. Struktur kekar yang dijumpai adalah kekar gerus dan kekar tarik, struktur lipatan berupa antiklin Sirnajaya dan Sarimukti serta sinklin Kertamukti. Struktur patahan berupa sesar anjak Cipanengah dan sesar geser jurus Cimangsud. Keseluruhan struktur yang terdapat di daerah penelitian terbentuk dalam satu periode tektonik, yaitu pada kala Pliosen – Plistosen dengan araah gaya utama utara-selatanatau N 15° E. Penelitian tugas akhir ini dilakukan didaerah Sarimukti dan sekitarnya, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dengan luas penelitian ± 66 kilometer persegi, berjarak 125 Km ke arah timur dari Kota Bogor.

Berdasarkan genetiknya geomorfologi daerah penelitian dibagi menjadi 4 (empat) satuan geomorfologi, yaitu satuan geomorfologi perbukitan lipat patahan, satuan geomorfologi bukitintrusi, satuan geomorfologi perbukitan gunung api, dan satuan geomorfologi dataran aluvial.Pola aliran sungai yang terdapat didaerah penelitian yaitu pola aliran radial, rektangular, dan paralel. Tahapan erosi sungai didaerah penelitian berada pada tahapan muda, dewasa, dan tua, sedangkan jentera geomorfiknya berada pada tahapan muda dan dewasa.

Stratigrafi daerah penelitian diawali dengan diendapkannya satuan batuan tertua berupa Batupasir selang seling batulempung sisipan breksi (Formasi Cantayan), berumur Miosen Akhir (N16 – N18), pada lingkungan laut dalam. Batuan Terobosan Andesit diperkirakan terbentuk pada Pliosen Akhir bersamaan dengan orogenesa Plio-Plistosen. Satuan Breksi Gunungapi dan Tufa Pasiran menindih tak selaras diatas Satuan Batupasir selang-seling Batulempung sisipan Breksi diendapkan di lingkungan darat pada kala Plistosen Awal. Satuan Aluvial Sungai merupakan satuan batuan termuda yang dijumpai menutupi batuan-batuan yang lebih tua yang dibatasi oleh bidang erosi.

Potensi bahan galian yang berada di daerah penelitian adalah batuan beku andesit. Pemanfatan batuan beku andesit dapat digunakan sebagai bahan baku bangunan. Berdasarkan hasil perhitungan cadangan dengan metoda perhitungan kontur diperoleh hasil 22.853.615,63 m3 atau 52.563.314,5 ton.

Kata Kunci :  Antiklin, Sinklin, Andesit, Tambang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.