GEOLOGI DAERAH PEGUYANGAN DAN POTENSI SUMBERDAYA BAHAN GALIAN PASIR DAERAH LENGGERONG KECAMATAN BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG PROVINSI JAWA TENGAH

Yulli Rahmawati

Abstract


Secara administratif daerah pemetaan mencakup daerah Peguyangan, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Dengan luas ± 10 Km. Secara geomorfologi memberikan kenampakkan bentang alam dalam 3 (tiga) satuan geomorfologi, yaitu : Satuan Geomorfologi Perbukitan Lipat Patahan, Satuan Geomorfologi Dataran Lipatan dan Satuan Geomorfologi Dataran Aluvial. Sementara pola aliran sungai yang dijumpai dan berkembang adalah pola aliran sungai trellis, rektangular dan anastomatik dengan jentera geomorfik muda, dewasa dan tua.

Tatanan batuan dari yang tertua hingga termuda adalah Satuan Batupasir tufan selang-seling Batulempung sisipan Napal (Formasi Halang), berumur Miosen tengah-Miosen akhir atau N13 –N18 diendapkan pada lingkungan laut dalam. Satuan Batupasir gampingan selang-seling Batulempung (Formasi Tapak) berumur Pliosen atau N19-N21 diendapkan pada lingkungan laut dangkal. Hubungan stratigrafi antara kedua satuan ini selaras. Aluvial sungai yang terdiri dari material lepas lempung hingga bongkah merupakan endapan termuda yang ada didaerah penelitian.

Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian berupa kekar, lipatan dan patahan. Kekar yang dijumpai jenis kekar gerus. Struktur perlipatan berupa struktur antiklin Peguyangan dan antiklin Ampelgading serta struktur sinklin Penggarit, sinklin Bantarbolang dan sinklin Kebongede. Struktur sesar yang dijumpai adalah sesar naik Peguyangan dan sesar-sesar mendatar Pegongsoran dan Payung. Keseluruhan struktur yang ada di daerah penelitian  terjadi dalam satu perioda tektonik, yaitu pada kala Plistosen (N22) dengan arah gaya utama N 8ºE dan N 188ºE atau relatif Utara-Selatan.

Hasil kajian potensi bahan galian pasir dengan luasan 142 Ha menggunakan metode geolistrik yang terdapat di daerah penelitian didapatkan volume ketebalan pasir sebanyak 2. 304. 196,6 m3.

Kata-kata kunci     :   Peguyangan, Pemalang, Formasi Halang, Formasi Tapak, Potensi Bahan Galian Pasir, Metode Geolistrik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.