PERHITUNGAN CADANGAN HIDROKARBON BERDASARKAN ANALISIS PEMETAAN GEOLOGI BAWAH PERMUKAAN LAPANGAN “X” FORMASI AIRBENAKAT CEKUNGAN SUMATERA SELATAN

ABDUL QUDUS ROBBANI

Abstract


Abstrak

Lapangan “X” secara umum terletak di Sub-Cekungan Jambi yang secara regional termasuk wilayah Cekungan Sumatera Selatan. Cekungan Sumatera Selatan sendiri adalah salah satu dari tiga cekungan di Sumatera yang memiliki potensi cukup besar dalam memproduksi hidrokarbon. Reservoar yang menjadi target penelitian adalah lapisan perselingan batupasir dan batulempung yang termasuk dalam Formasi Airbenakat yang berumur Miosen Tengah. Digunakan empat sumur pemboran dalam melakukan interpretasi litologi, korelasi antar sumur dan pembuatan batas (marker) dari top dan bottom masing-masing horizon yang diperkirakan memiliki kandungan hidrokarbon yang kemudian dapat dihubungkan dengan hasil laporan seismik daerah penelitian. Sehingga pada akhirnya akan tersaji peta geologi bawah permukaan yang merepresentasikan kondisi geologi bawah permukaan. Kegiatan perhitungan cadangan hidrokarbon dilakukan setelah proses interpretasi geologi bawah permukaan telah selesai, sehingga dapat diketahui kuantitas dari minyak dan gas bumi yang ada pada daerah penelitian. Hasil dari perhitungan cadangan hidrokarbon diperoleh peta bawah permukaan meliputi: Peta Top Structure, Peta Net Oil & Gas Pay, dan Peta Overlay Top Structure dengan Net Oil & Gas Pay. Berdasarkan hasil perhitungan hidrokarbon menggunakan metode volumetrik pada dua horizon yaitu Sand_A dan Sand_B, diperoleh hasil Original Oil In Place (OOIP) untuk horizon Sand_A sebesar 75,383,047.38STB atau ±75 MSTB dan untuk horizon Sand_B sebesar 90,956,459.82STB atau ±90 MSTB. Sementara besarnya nilai Original Gas In Place (OGIP) pada horizon Sand_B sebesar 6,094,935,742.63SCF atau ±6 BSCF.

Kata Kunci: Cekungan Sumatera Selatan, Seismik, Peta Geologi Bawah Permukaan, OOIP, OGIP.

Full Text:

PDF

References


Asquith, G 1982. Basic Well Log Analysis for Geologists. AAPG, Tulsa-Oklahoma.

De Coster G, 1974. The Geology of the Central and South Sumatera Basin. Proc.3rd Ann.Conv.IPA, Jakarta.

Geological Society Memoir No.31, 2005. Sumatera: Geology, Resoursces and Tectonics Evolution. The Geological Society, London.

Hamilton,W, 1925, Tectonics Of the Indonesian Region, Geological Survey Professional Paper 1078, Washington, D.C

Koesoemadinata, R,P, 1980, Geologi Minyak dan Gas Bumi Edisi Ke-II, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Pulunggono A, Cameron N.R, 1984. Sumatran Microplates, Their Characteristics and Their Role in the Evolution of the Central and South Sumatra Basin. Proc.13th Ann.Conv.IPA, Jakarta, p 121 -143.

Rider, M. 2002. The Geological Interpretation off Well Logs 2nd. Whittles Publishing, Sutherland; Scotland

Simandjuntak T.O, dkk, 1994. Peta Geologi Lembar Muarabungo. 0914, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.