GEOLOGI DAERAH KAJENGAN DAN SEKITARNYA KECAMATAN TODANAN, KABUPATEN BLORA, JAWA TENGAH

DIAN RAMDANIYA

Abstract


ABSTRAK

Lokasi penelitian terletak di Daerah Kajengan dan sekitarnya, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian mencakup geomorfologi, stratigrafi, struktur geologi dan sejarah geologi. Satuan geomorfologi di daerah penelitian terdiri dari (1.)Satuan Geomorfologi Perbukitan Lipatan yaitu Sub Satuan Geomorfologi Perbukitan Antiklin, Sub Satuan Geomorfologi Perbukitan Sinklin dan Sub Satuan Geomorfologi Lembah Antiklin, (2.)Satuan Geomorfologi Dataran Aluvial. Pola aliran sungai yang berkembang adalah pola aliran sub-dendritik dan pola aliran paralel dengan genetika sungai subsekuen, obsekuen dan konsekuen. Jentera geomorfik secara umum masuk ke dalam tahapan tua. Satuan batuan yang terdapat di daerah penelitian mulai dari tua ke muda adalah Satuan Batuan Batupasir Sisipan Batulempung dan Batugamping (Formasi Ngrayong) yang berumur Miosen Tengah (N9-N11), diendapkan pada Neritik Tepi-Neritik Tengah. Kemudian, secara selaras di atasnya diendapkan Satuan Batuan Batugamping Sisipan Batupasir dan Batulempung  (Formasi Bulu) yang berumur Miosen Tengah bagian akhir (N12-N14), diendapkan pada Neritik Tengah. Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian adalah lipatan dan patahan. Pembentukan struktur geologi di daerah penelitian dimulai pada kala Miosen Akhir, dengan arah gaya N160E atau relatif utara-selatan.

Kata Kunci:  Geomorfologi, Kajengan, Sejarah Geologi, Stratigrafi, Struktur Geologi.


Full Text:

PDF

References


Bakosurtanal, 2010, Peta Rupabumi Digital Indonesia Lembar Todanan No. 1509-112 dengan skala 1:25.000, Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), Edisi : 1 – 1999, Cibinong, Bogor.

Bemmelen, R.W. Van, 1949, The Geology of Indonesia, The Hague Martinus Nijhoff, Vol. 1A, Netherlands.

Blow, W. H. dan Postuma J. A. 1969. “Range Chart, Late Miosen to Recent Planktonic Foraminifera Biostratigraphy”, Proceeding of The First.

Darwin K. dan Sudijono, 1993, Geologi Lembar Rembang, Jawa Barat, Skala 1:100.000, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi (P3G), Bandung.

Lobeck, A. K., 1939, Geomorphology: An Introduction to the Study of Landscapes, Mc.Graw-Hill Book Company, New York.

Noor, Dj, 2014, Geomorfologi, Penerbit Deepublish (CV Budi Utama),Yogyakarta.

Phleger., F dan L. F. Parker, 1951. Foraminifera Species, Part II, Scripps Institution of Oceanography, La Jolla, California.

Pringgoprawiro, 1982, Revisi Stratigrafi Cekungan Jawa Timur Utara Dan Paleogeografi, Disertasi Doktor, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Thornbury, W.D.,1969, Principles of Geomorphology, Second Edition, John Willey and Sons Inc., New York, London, Sydney, Toronto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.