PENENTUAN PUSAT-PUSAT PERTUMBUHAN WILAYAH PEMBANGUNAN (WP) LEBAK SELATAN DI KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN

LATIFAH LATIFAH

Abstract


Penentuan pusat pertumbuhan bertujuan untuk mengidentifikasi wilayah yang memiliki potensi untuk dijadikan pusat-pusat pengembangan. salah satu daerah yang tidak terlepas dari perkembangan wilayah adalah Kabupaten Lebak tepatnya di Wilayah Pembangunan (WP) Lebak Selatan. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah Analisis Skalogram dan Indeks Sentralitas sebagai metode untuk mendapatkan hasil dari penentuan pusat pertumbuhan. Yang selanjutnya adalah Analisis Model Reilly dan juga keterkaitan dengan kebijakan RTRW digunakan untuk mendapatkan hasil akhir dari wilayah pengaruh, dan Analisis Kualitatif digunakan untuk mendapatkan peran dari pusat pertumbuhan di Wilayah Pembangunan Lebak Selatan. Berdasarkan hasil dari peneletian maka pusat pertumbuhan utama (Hierarki I) yakni Kecamatan Bayah, Pusat Pertumbuhan kedua (Hierarki II) adalah Kecamatan Malingping. dan Pusat pertumbuhan ke tiga adalah Kecamatan Cibeber. selanjutnya adalah wilayah pengaruh ditentukan dengan antar jarak juga menghasilkan tiga hierarki yaitu hierarki I Kecamatan Bayah, Hierarki II Kecamatan Malingping dan Hierarki III kecamatan Cibeber. Sedangkan penentukan peran pusat pertumbuhan dihasilkan bahwa Hierarki I sebagai daerah yang sarana dan prasarana baik pendidikan, kesehatan, transpotasi dan pariwisata, Hierarki II sebagai Pusat Perindustrian dan Permukiman Perkotaan, Hierarki III sebagai pusat pertanian.

 

Kata Kunci : Pertumbuhan Wilayah, Pusat Pertumbuhan, Wilayah Pembangunan


Full Text:

PDF

References


Adisasmita, R. 2005. Dasar-dasar Ekonomi Wilayah. Graha Ilmu. Jakarta

Adisasmita, R. 2008. Pengembangan Wilayah Konsep dan Teori. Yogyakarta: Graha Ilmu Yogyakarta.

Gultom, R. 2013. Analisis Penetapan Wilayah Pembangunan Di Kabupaten Samosir (Skripsi). Semarang : Universitas Diponegoro.

Hartono. 2007. Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta. Bandung: Citra Raya

Tarigan, R. (2005). Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Aksara Bumi

Yulianto, RA. 2015. Analisis Penetapan Pusat Pertumbuhan Baru Di Stuan Wilayah Pembangunan (SWP) Tengah Kabupaten Brebes (Skripsi). Semarang : Universitas Diponegoro.

Utami, YR. 2017. Penentuan Pusat Pertumbuhan Wilayah Kabupaten Bogor Wilayah (Timur Tugas Akhir). Bogor: Universitas Pakuan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.