IDENTIFIKASI PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DI SUB WILAYAH PELAYANAN KATULAMPA (E1) KOTA BOGOR

REFA CAHYA UTAMA

Abstract


Perubahan penggunaan lahan merupakan fenomena kompleks, yang dipicu oleh beragam faktor dan menimbulkan berbagai dampak. Seiring dengan tingginya laju pertumbuhan penduduk dan perkembangan yang pesat terhadap aktifitas ekonomi berbanding lurus dengan meningkatnya permintaan terhadap lahan yang mengakibatkan perubahan penggunaan lahan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perubahan penggunaan lahan di sub wilayah pelayanan (SWP) E1 Kota Bogor menggunakan hasil digitasi dari citra satelit. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data baik primer maupun sekunder. Penelitian yang dilakukan dengan metode analisis, yaitu analisis spasial overlay melalui perbandingan citra 2007 dan 2017 menggunakan GIS. Hasil perbandingan citra 2007 dan 2017 menghasilkan pola perubahan penggunaan lahan  yang menyebar. Dimana penggunaan lahan yang mengalami pengurangan yang sangat besar adalah sawah, dengan luas pengurangan mencapai 206,57 hektar, dan penambahan untuk lahan terbangun sendiri mencapai 87,309 hektar.

Kata Kunci :   Sub Wilayah Pelayanan, Penggunaan Lahan, Pola Perubahan Lahan.


Full Text:

PDF

References


Adriansyah T. 2017. Proyeksi Perubahan Penutupan Lahan Daerah Aliran Sungai Bonehau Tahun 2031. (Skripsi). Program Studi Kehutanan. Fakultas Kehutanan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

[Bappeda] Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bogor. 2017. Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bogor.

Budihardjo, E. 2005. Tata Ruang Perkotaan. PT Alumni: Bandung.

Chapin, F.S and J Kaiser, 1979. Urban Landuse Planning. Chicago : University Of Chicago Press.

[DPUPR Kota Bogor ].Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bogor R.2017. Penyusunan Substansi Teknis RTRW& RDTR Kota Bogor RDTR & PZ Wilayah Pelayanan (WP) E Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bogor.

[Sekda Kota Bogor] Sekretaris Daerah Kota Bogor. 2011. Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bogor, Lembaran Daerah Kota Bogor Tahun 2011. Bogor: Sekretaris Daerah Kota Bogor.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Winoto J. 2005. Kebijakan Pengendalian Alih Fungsi Tanah Pertanian dan Implementasinya. Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan. Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.