IDENTIFIKASI FASILITAS PEJALAN KAKI DI JALAN RAYA TAJUR KOTA BOGOR

ALVINA AUDINA PURBA

Abstract


Salah satu fasilitas yang terabaikan saat ini adalah fasilitas pejalan kaki yaitu trotoar. Trotoar merupakan jalur pejalan kaki yang terletak di daerah manfaat jalan, diberi lapisan permukaan perkerasan jalan dan umumnya sejajar dengan jalur lalu lintas kendaraan. Penelitian ini dilaksanakan di Jalan Raya Tajur Bogor yang merupakan jalan arteri primer dengan aktivitas di jalan ini dipenuhi oleh kegiatan pusat perdagangan dan jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik jalan arteri primer, landuse kanan kiri jalan dan pejalan kaki, mengidentifikasi kondisi eksisting fasilitas pejalan kaki, mengetahui kebutuhan fasilitas pejalan kaki di koridor Jalan Raya Tajur. Metode penelitian yang dilakukan diantaranya metode pengumpulan data melalui observasi lapangan dan penyebaran kuesioner yang mengacu pada kriteria fasilitas pejalan kaki yaitu keselamatan, kenyamanan, keamanan, aksesibilitas, dan keindahan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif (tabulasi angket), skala likert dan metode analisis deskriftif. Hasil penelitian yang diperoleh diketahui bahwa karakteristik traffic secara umum belum memenuhi kriteria jalan arteri primer dengan rata-rata kecepatan kendaraan 34km/jam, karakteristik landuse di dominasi perdagangan jasa dan terdapat berbagai karakteristik pejalan kaki. Secara umum fasilitas pejalan kaki yang berada disegmen 1, 2 dan 3 belum tersedia dengan baik. Dari kriteria fasilitas pejalan kaki terdapat 17 indikator yang diperlukan pejalan kaki dan yang sangat diperlukan terdapat 15 indikator dengan desain fasilitas pejalan kaki yang dibuat berdasarkan data kondisi eksisting dan kriteria fasilitas pejalan kaki khususnya di jalan arteri primer.

Kata kunci: Fasilitas Pejalan Kaki, Jalan, Pejalan Kaki


Full Text:

PDF

References


[Dep. PU] Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Pembinaan Jalan Kota, 1990, NO. 007/T/BNKT/1990 Tentang Petunjuk Perencanaan Trotoar, Jakarta.

[Dep. PU] Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga Direktorat Bina Teknik, 1995, No. 011/T/BT/1995 Tentang Tata Cara Perencanaan Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan, Jakarta.

[Menteri Pekerjaan Umum] Menteri Pekerjaan Umum. 2014. Nomor: 03/PRT/M/2014 Tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, Dan Pemanfaatan Prasarana Dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki Di Kawasan Perkotaan. Jakarta. Kementrian PUPR Jakarta: Kementerian PUPR.

Department of Sport and Recreation, Government of Western Australia. 2007. A Walking Strategy for Western Australia.

National Research Council (Washington). Transportation Research Board. 2000. Highway Capacity Manual. University Of Michigan.

Holly Virginia K. 2006. The Global Walkability Index. Massachusetts Institute of Technology.

James L, Herbert Fabian, Sudhir G, Alvin M. 2011. ADB Sustainable Development Working Paper Series : Walkability and Pedestrian Facilities in Asian Cities.

Rubenstein. 1987. A Guide to Site and Environment Planning. John Wiley & Sons, Inc, New York.

Jeff Specks. 2012. Walkable City: How Downtown Can Save America, One Step at a Time.

Rian F, Petrus N. 2011. Walkability dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa untuk Berjalan Kaki pada Pusat Pendidikan Tinggi Jawa Barat di Jatinangor. Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Bina Jalan Kota. Jakarta.

Agustine R.D., 2012, Identifikasi Kenyamanan Pejalan Kaki di Sepanjang Jalan Pajajaran Kota Bogor. (Tugas Akhir). Bogor : Fakulas Teknik Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Pakuan.

Sinaga J.A., 2020, Analisis Koridor Jalur Pejalan Kaki Di Jalan Kh. Mas Mansyur (Dari Stasiun Karet Sampai Citywalk Sudirman) Jakarta Pusat Berdasarkan Persepsi Pengguna, ISSN : 2302 – 9307. Jakarta : Universitas Krisnadwipayana.

Lupitasari N., 2015. Evaluasi Kinerja Jalan Arteri Primer Jl. Soekarno Hatta – Jl. Panglima Sudirman Kota Probolinggo, E-ISSN 2443-1532. Surabaya : Universitas Narotama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.