IDENTIFIKASI POTENSI DAN MASALAH DI SEMPADAN SITU CIKARET KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR

NADIA AYUNINGSIH

Abstract


Secara umum Ruang Terbuka diperkotaan terdiri dari Ruang Terbuka Hijau , Ruang Terbuka Non Hijau dan Ruang Terbuka Biru. Peran serta masyarakat merupakan unsur utama dalam perencanaan Ruang Terbuka. Sebagai fokus pembangunan kota, Kabupaten Bogor sedang mewujudkan konsep Situ Front City (SFC), sebanyak 17 situ yang tersebar di Cibinong raya akan dijadikan prototype pembangunan Situ di Kabupaten Bogor. Situ Cikaret berada di urutan pertama, karna situ terbesar di Kecamatan Cibinong, dan merupakan lokasi wisata yang cukup popular. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fungsi ruang terbuka dan penataan Ruang Terbuka Sempadan Situ Cikaret berdasarkan interaksi masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan Overlay GIS, Analisis Deskriptif, Dokumentasi, Ground Check, metode triangulasi sumber data, penyebaran kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian penggunaan lahan disekitar Situ Cikaret dikatakan berkembang sejak tahun 2011 sampai 2017. Ruang Terbuka Hijau dan Ruang Terbuka Biru di Situ Cikaret memberikan manfaat bagi masyarakat yang tinggal disekitar situ. Secara fungsional kawasan Situ Cikaret memiliki potensi sebagai Kawasan pariwisata, namun tidak diimbangi kesadaran mengenai kebersihan dan kelestarian Situ Cikaret oleh masyarakat atau wisatawan. Peran serta pemerintah masih belum bisa dirasakan dalam perihal fasilitas pendukung pariwisata, keamanan dan kenyamanan oleh masyarakat dan wisatawan. Dapat dilihat dari tidak adanya TPS resmi, PJU, kamar mandi dan lain sebagainya.

 

Kata Kunci      : Kebijakan Situ, Ruang Terbuka, Sempadan Situ Cikaret.


Full Text:

PDF

References


[Bappeda] Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bogor. 2016. Rencana Tata ruang Wilayah (RTRW) Tahun 2016-2036 Kabupaten Bogor.

Cibinong Situ front City. Laporan Final Concept Master Plan dan Urban Design Guidelines, 2016.

Dona, D.P. 2009. Identifikasi Pengembangan Kawasan Wisata Bendung Seluma Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Bogor. Fakultas Teknik. Universitas Pakuan Bogor.

Hakim, R. dan Utomo, H. 2002. Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap Prinsip-Unsur dan Aplikasi Disain. Jakarta. Bumi Aksara.

Ismaun, Iwan. 2008. Ruang Terbuka Hijau Kawasan Reklamasi Jakarta International Resort. Jakarta. Universitas Trisakti.

Joga, Nirwana. 2011. RTH 30 Persen! Resolusi Kota Hijau. Jakarta. Gramedia

Karyono, A Hari. 1997. Kepariwisataan. Jakarta. Grasindo

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 5 Tahun 2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2015 tentang Penetapan Garis Sempadan Sungai dan Danau.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2011 tentang Sungai

Peraturan Presiden No.54 tahun 2008 tentang Penataan Ruang Kawasan jabodetabekpunjur.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

[KVDD] Komite Visi Danau Dunia. 2004. Visi Danau Dunia Sebuah Ajakan untuk melakukan tindakan. Forum Danau Indonesia, Penerjamah. Jakarta (ID); Lakenet. Terjemahan dari: Wolrd Lake Vision.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.