IDENTIFIKASI POTENSI DAN KENDALA KEBERADAAN OBJEK WISATA DI PERUMAHAN BNR (BOGOR NIRWANA RESIDENCE) KECMATAN BOGOR SELATAN KOTA BOGOR

DARAHAYU MAGIS BURNATE

Abstract


Objek Wisata di Perumahan BNR (Bogor Nirwana Residence) berada di kawasan perumahan BNR Kelurahan Mulyaharja Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Objek wisata di perumahan BNR, terdiri dari objek wisata yaitu wisata buatan dan wisata kuliner dengan total 4 objek wisata. Keberadaan objek wisata dan potensi objek yang ada di perumahan BNR dalam perkembangannya berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat sekitar (penghuni) kawasan perumahan, oleh karena itu di perlukan penelitian untuk mengetahui pengaruh objek wisata terhadap terhadap masyarakat sekitar dengan melihat persepsi masyarakat  yang ada di perumahan BNR. Tujuan penelitian ini adalah (a) Mengidentifikasi kondisi eksisiting objek wisata di perumahan BNR, (b) Mengidentifikasi persepsi masyarakat dan wisatawan terhadap keberadaan objek wisata di perumahan BNR dan (c) Mengidentifikasi potensi dan kendala keberadaan objek wisata di perumahan BNR. Metode pengumpulan data meliputi penyebaran kuesioner, wawancara, observasi, dan survey lapangan. Metode analisis yang di gunakan meliputi analisis deskriptif, dan analisis skoring. Hasil penelitian ini adalah objek wisata di perumahan BNR berpusat di Kelurahan Mulyaharja dengan jumlah 4 objek wisata dimana di lihat dari kondisi eksisiting daya tarik wisata, sarana prasarana penunjang, aksesibilitas dan promosi. Berdasarkan hasil kuesioner, secara umum dimana mengetahui dari persepsi masyarakat kelurahan mulyaharja dan wisatawan tentang adanya keberadaan objek wisata di perumahan BNR. Sebagian besar masyarakat setuju dengan keberadaan objek wisata tersebut. Untuk persepsi masyarakat terhadap pengunjung objek wisata, sebagian besar masyarakat mengatakan setuju dengan adanya wisatawan yang berkunjung. Berdasarkan persepsi wisatawan yang berkunjung di objek wisata, sebagian besar wisatawan mengatakan setuju dengan adanya keberadaan objek wisata di kawasan perumahan, kemudian ada beberapa wisatawan berpendapat bahwa tidak setuju dengan adanya keberadaan objek wisata di kawasan perumahan. Potensi objek wisata di perumahan BNR secara keseluruhan berpotensi tinggi tidak terdapat kendala/permasalahan untuk kondisi eksisiting daya tarik wisata, sarana prasana penunjang, aksesibilitas, dan promosi.

 

Kata Kunci: Perumahan BNR (Bogor Nirwana Ridence), Potensi dan Kendala, Objek Wisata, Persepsi Masyarakat dan Wisatawan.


Full Text:

PDF

References


Apriansyah, Anton. 2020. Identifikasi dan Kendala Pengembangan Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) Kabupaten Bogor. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan.

[BPS] Badan Pusata Statistik. 2020. Kecamatan Bogor Selatan Dalam Angka 2020. Kabupaten Bogor: BPS

[DPUPR Kota Bogor], Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bogor R 2017. Penyusunan Substansi Teknis RTRW & RDTR Kota Bogor RDTR & PZ Wilayah Pelayanan (WP) E Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bogor

Hariyani, Kadek, & Mahagangga, Oka, Agung. Gst. 2015. Persepsi Masyarakat Terhadap Pengembangan Kawasan Goa Peteng Sebagai Daya Tarik Di Desa Jimbran Kuta Selatan Kabupaten Badung. Program Studi Destinasi Pariwisata, Fakultas Wisata, Universitas Udayana.

Menteri Pekerjaan Umum No.20/KPTS/1986. Tentang Peraturan Teknik Pembangunan Perumahan Sederhana Tidak Bersusun. Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Ridwan. 2019. Persepsi Masyarakat Terhadap Pengembangan Kawasan Taman Wisata Alam Madapangga Di Desa Ndo Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Muhamammadiyah.

SNI 03-1733-2004, Tentang Cara Perencanaan Lingkungan Di Perkotaan.

Sugiyanto, 2012. Ekonomi Pariwisata Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta : Jurnal Pustaka Pelajar Volume 2 (2) : 112-198 diakses pada Januari 2021.

Yoeti, Oka, A. 1990. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung : Angkasa, 2018. Di akses pada Januari 2021

Yulianto. 2010. Pengelolaan Lanskap Permukiman Di Bogor Nirwana Residence Kota Bogor Jawa Barat. Departemen Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian Intitut Pertanian Bogor


Refbacks

  • There are currently no refbacks.