IDENTIFIKASI PELAYANAN PENYELENGGARAAN TERMINAL TIPE A JATIJAJAR KOTA DEPOK

ABIL QAIM

Abstract


Kebutuhan akan jasa transportasi yang diikuti dengan peningkatan aktivitas masyarakat maka memerlukan peningkatan pada sektor jasa transportasi. Kondisi Terminal Tipe A Kota Depok sebagai terminal yang menjadi pusat pergerakan angkutan masih kurang optimal dalam pelayanan baik dari segi fasilitas umum maupun fasilitas penunjang yang seharusnya disediakan di Terminal Jatijajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada masyarakat dan instansi terkait tentang Pelayanan Terminal Tipe A Jatijar di Kota Depok dan juga dapat memberikan informasi kepada pemerintah daerah setempat untuk dapat mengembangkan angkutan umum di Kota Depok. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, yang kemudian dikumpulkan dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, studi dokumen, wawancara dengan pengelola dan observasi lapangan. Hasil penelitian identifikasi pelayanan penyelenggaraan Terminal Jatijajar Tipe A di Kota Depok menunjukkan bahwa berdasarkan kondisi eksisting dan harapan pengguna Terminal Jatijajar, terdapat beberapa kriteria yang perlu ditingkatkan dalam standar pelayanan; yaitu, peningkatan informasi mengenai fasilitas kesehatan, peningkatan fasilitas keselamatan, perbaikan jadwal angkutan umum pada jalur lanjutan dan angkutan umum tidak pada jalur lanjutan dan penerapan jadwal tertulis, peningkatan akses internet, peningkatan informasi transportasi lanjutan dan peningkatan fasilitas bagi penyandang disabilitas.

Kata Kunci : Pelayanan Penyelenggaraan Terminal, Terminal Tipe A Jatijajar, Persepsi Pengguna.


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2004. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Anonim. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Anonim. 1992. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Anonim. 2018. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi Tahun 2018 – 2019.

Anonim. 2006. Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan.

Anonim. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

Anonim. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 132 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

Anonim. 1993. Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 68 Tahun 1993 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang di Jalan Dengan Kendaraan Umum.

Anonim. 1995. Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 31 Tahun 1995 tentang Terminal Transportasi Jalan.

Anonim. 2022. Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 1 Tahun 2022 tentang RTRW

Kota Depok Tahun 2022 – 2042.

BPS Kota Depok. 2022. Kota Depok Dalam Angka 2022. Depok: Badan Pusat Statistik Kota Depok.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Direktorat Bina Sistem Prasarana. 2020. Pedoman Teknis Pembangunan Terminal Angkutan Jalan Raya Dalam Kota dan Antar Kota.

Ir. G. N. Purnama Jaya, MT, 2017. Manajemen Teknik Transportasi. Bogor: Unpak Press

Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern.

Yogyakarta: Liberty.

Irwan. 2005. Tantangan Lingkungan dan Lansekap Hutan Kota. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Latif. 2013. Analisis Kebutuhan Pelayanan Kendaraan Umum AKDP Dalam Terminal Alang-alang Lebar Palembang. Jurnal Teknik Sipil, Vol 9, No. 2.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Miro, Fidel. 2005. Perencanaan Transportasi Untuk Mahasiswa, Perencana dan Praktisi.

Morlok, E.K. 1998. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

PUPR Kota Depok. 2022. Data Kondisi Fisik Wilayah Kota Depok. Depok: Dinas PUPR Kota Depok.

Rahmy, W. A. 2012. Kebutuhan Ruang Terbuka Kota, Kawasan Padat, Studi Kasus Wilayah Tegallega, Bandung. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 281(1), 27–38.

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman & Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta: Prentice Hall.

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi. 1974. Setangkai Bunga Sosiologi. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Soekanto, Soejono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Soekanto, Soerjono. 1993. Kamus Sosiologi.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suprapti, Ni Wayan Sri. 2010. Perilaku Konsumen. Denpasar: Udayana University Press.

Terminal Tipe A Jatijajar. 2023. Data Angkutan Lanjutan, Jumlah Penumpang dan Frekuensi Kendaraan, Data Jumlah Armada Bus. Depok: Pengelola Terminal Tipe A Jatijajar Kota Depok.

Tjiptono. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Penerbit Bayumedia Publishing.

Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Tony dan Barry Buzan. 2004. Memahami Peta Pikiran. Batam: BBC.

Walgito, B. 2000. Psikologi Sosial : Suatu Pengantar. Yogyakarta : Andi Offset.

Warpani, Suwardjoko P. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung: Penerbit ITB

Warpani, Suwardjoko P. 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung : Penerbit ITB

Zeithaml. 2003. Reassement Of Expectations As A Compaison Standar In Measuring Service Quality: Implication For Futher Reseacrh. Journal Of Marketing. Januari (58) 111-124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.