ANALISIS GAYA LATERAL PADA PONDASI TIANG PANCANG SQUARE (Studi Kasus: Pembangunan Continuous Stirred-Tank Reactor (CSTR) PT.Ultra Jaya Milk Industri Bandung)

RAFINI AULIA

Abstract


Dalam suatu bangunan, pondasi merupakan bagian paling bawah konstruksi bangunan yang memiliki peranan penting yang memikul seluruh beban bangunan, serta meneruskannya ke dalam tanah sampai kedalaman tertentu. Pembangunan suatu konstruksi sipil terdiri dari struktur bawah dan struktur atas. Struktur atas didukung oleh struktur bawah sebagai pondasi yang berinteraksi dengan tanah dan akan memberikan keamanan bagi struktur bagian atas.Penelitian ini menganalisis daya dukung pondasi tiang pancang akibat gaya lateral. Secara umum dengan mengetahui besarnya tahanan lateral ultimit yang bisa ditahan oleh tiang, maka dapat diketahui besarnya gaya lateral ijin, selain itu juga dapat mengetahui besarnya defleksi yang terjadi pada pondasi tiang pancang tersebut. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah dengan metode Broms dan Brinch Hansen dengan dua karakteristik tiang yaitu tiang ujung bebas dan tiang ujung terjepit.Berdasarkan analisis perhitungan dengan menggunakan metode Broms didapat hasil tiang ujung bebas gaya lateral ultimit Hu = 4.585 kg, gaya lateral ijin Hijin = 1.528 kg, dan defleksi y0 = 6,90 mm dan tiang ujung terjepit gaya lateral ultimit Hu = 8.980 kg, gaya lateral ijin Hijin = 2.994 kg, dan defleksi y0 = 2,99 mm. Berdasarkan  metode Brinch Hansen didapat nilai L>3,5R sehingga tiang termasuk kedalam tiang panjang, maka perhitungan tidak dapat dilanjutkan karena metode ini hanya digunakan untuk tiang pendek.

Kata Kunci : Pondasi Tiang Pancang, Beban lateral, Defleksi, Metode Broms, Metode Brinch Hansen,


Full Text:

PDF

References


Bowles, J. E. 1988. Analisa dan Desain Pondasi I Edisi Keempat Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Bowles, J. E. 1988. Analisa dan Desain Pondasi I Edisi Keempat Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Habibah, Iim. 2015. Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Tunggal Akibat Gaya Lateral. Jurnal Teknik Sipil Universitas Pakuan: 1-8.

Hardiyatmo, Hary Cristady. 2011. Analisis dan Perancangan Pondasi II. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Kawengian, Sabrina. 2018. Analisis Daya Dukung Lateral Pada Tiang Pancang Kelompok di Dermaga Belang. Jurnal Sipil Statik. 6(9): 683-692.

Lesmana, Yosep. 2012. Pondasi Tiang Lanjutan. https://www.scribd.com/document/ 87545954/Pondasi-Tiang-Lanjutan-RekPII-1. (1 April 2012).

Parinduri, Indra P. 2013. Analisi Daya Dukung Pondasi dan Penurunan Tiang Pancang. Jurnal Departemen Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara: 1-10.

Sardjono, HS. 1998. Pondasi Tiang Pancang I. Surabaya: Sinar Wijaya.

Sardjono, HS. 1998. Pondasi Tiang Pancang II. Surabaya: Sinar Wijaya.

Tomlinson, M. J. 1995. Foundation Design and Construction (6th Edition). Singapore: Longman Singapore Publishers (Pte) Ltd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.