OPTIMASI KEUNTUNGAN MAKSIMUM PADA PERUMAHAN CLUSTER ESPANA DAN PESONA JEPANG DENGAN METODE LINIER PROGRAMING DI PROYEK METLAND CIBITUNG, JAWA BARAT

MIFTAH FARID

Abstract


Pelaksanaan suatu proyek dapat berhasil apabila sumber daya yang ada digunakan secara efektif dan efisien. Terbatasnya sumber daya yang tersedia akan menyebabkan keterlambatan pada durasi proyek. Durasi kegiatan suatu proyek berkaitan erat dengan pembiayaan. Memperpendek durasi proyek terhadap durasi normalnya memerlukan peningkatan sumber daya seperti tenaga kerja, material dan lain sebagainya yang beresiko terjadinya penambahan biaya langsung. Optimalisasi perlu dilakukan untuk memperpendek durasi proyek dengan pengeluaran biaya seminimal mungkin.

Alasan pengambilan judul diatas yaitu “Optimasi Keuntungan Maksimum Pada Perumahan Cluster Espana dan Pesona Jepang Dengan Metode Linier Programing di Proyek Metland Cibitung, Jawa Barat”, adalah sebagai berikut :

  1. Menambah wawasan peneliti mengenai metode linear programming dan aplikasinya dalam optimasi.
  2. Mengetahui jumlah pada masing-masing tipe rumah yang dapat memberikan keuntungan yang maksimal, sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat.
  3. Memperoleh gambaran jumlah tipe rumah optimal yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan rujukan dalam melakukan pembangunan Perumahan Cluster Espana dan Pesona Jepang di Proyek Metland Cibitung.

 

Kata kunci :Linier Programing, Optimasi, Keuntungan Maksimum


Full Text:

PDF

References


Aminudin. 2005. Prinsip-prinsip riset operasi. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Dimyati, Tjuju Tarliah dan Dimyati, Ahmad. 1999. Operations Research: Model-model Pengambilan Keputusan. PT. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Herman, Tang, Robertus. 2008. Penerapan model pemrograman linier dalam peningkatan produktivitas dan kinerja bisnis. SNAST-2008. Yogyakarta.

Hillier, Lieberman. 2001. Introduction to Operations Reseach. Edisi ketujuh.McGraw-Hill Higher Education. New York.

Montaria, Saprida. 2009. Analisis Sensitivitas dan Ketidakpastian dalam Program Linear”. Tesis Pasca Sarjana USU. Medan,.

Siswanto. 2006. Operations Research Jilid I. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Sitinjak, Tumpal JR. 2006. Riset Operasi (untuk Pengambilan Keputusan Manajerial dengan Aplikasi Excel). Penerbit Graha Ilmu. Jogjakarta.

Sudarsana, Dewa Ketut. 2009. Optimalisasi Jumlah Tipe Rumah yang akan Dibangun Dengan Metode Simpleks pada Proyek Pengembangan Perumahan. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 13 No. 2. Jakarta.

Supranto. 1983. Linear Programing. Edisi Kedua. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI. Jakarta.

Taha, Hamdy A. 1996. Riset Operasi (Suatu Pengantar) Jilid 1. Edisi kelima. Binarupa Aksara. Jakarta Barat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.