PENGARUH KELEBIHAN BEBAN TERHADAP UMUR RENCANA JALAN (Studi Kasus Ruas Jalan Brabasan – Mesuji, Provinsi Lampung)

RENDI SATIAN NUGRAHA

Abstract


Ruas jalan Brabasan – Mesuji adalah salah satu jalan Kolektor di provinsi Lampung, yang merupakan bagian dari jalan penghubung pusat kegiatan perekonomian. Ruas jalan Brabasan – Mesuji banyak dilintasi oleh kendaraan berat dengan muatan berlebih (overload) dari industri kelapa sawit dan perkebunan lain di wilayah Mesuji. Oleh sebab itu menimbulkan pembebanan yang secara langsung mempengaruhi umur rencana jalan. Dari data yang digunakan dalam menghitung damage factor dari setiap jenis kendaraan yang melintas. Maka dapat diketahui tebal perkerasan dari perhitungan muatan normal dan muatan berlebih (overload), dan juga dapat mengetahui umur rencana jalan. Dari hasil analisa didapat umur perkerasan ruas jalan Brabasan – Mesuji provinsi Lampung yang seharusnya 7 tahun pada awal perencanaan, menjadi lebih singkat yaitu 2 tahun (30%) bila dilalui oleh kendaraan dengan muatan berlebih (overload). Dengan lebih singkatnya umur perkerasan jalan tersebut, maka diperlukan penambahan tebal perkerasan jalan (overlay) dengan tebal 7cm.

Kata kunci: Beban kendaraan, tebal lapis jalan, umur rencana jalan.


Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional, Geometrik Jalan Perkotaan, Badan Penerbit Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta, 2004.

Badan Litbang Departemen Pekerjaan Umum, 1989, Pelaksanaan Lapis Campuran Beraspal Panas, SNI 03-1737-1989, Badan Penerbit Litbang PU, Jakarta

Departemen Pekerjaan Umum, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Badan Penerbit PU, Jakarta, 1997.

Departemen Pekerjaan Umum, 1997, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta.

Dewan Standarisasi Nasional – DSN, 1987, Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisis Komponen SKBI 2.3.26.1987 UDC : 625.73 (02), Badan Penerbit PU, Jakarta.

Hendarsin, Shirley, L., 2000, Perencanaan Teknik Jalan Raya, Politeknik Negeri Bandung.

Silvia Sukirman, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Nova, 1993


Refbacks

  • There are currently no refbacks.