ANALISIS KAPASITAS FASILITAS TERMINAL PENUMPANG PELABUHAN TANJUNG PRIOK

MUHAMMAD EKI JULIANSYAH

Abstract


Ditinjau dari sub sistem transportasi pelabuhan adalah salah satu simpul dari mata rantai bagi kelancaran angkutan muatan laut dan darat. Dimana kapal-kapal dapat berlabuh dan bersandar untuk melakukan bongkar rnuat barang, embarkasi dan debarkasi. Perkiraan Pertumbuhan arus Penumpang Embarkasi ( Keberangkatan ) dan Debarkasi ( Kedatangan ) diprediksi berdasarkan data pertumbuhan pada tahun 2006 – 2017, untuk mengetahui Pertumbuhan jumlah Penumpang dan Besar kebutuhan ruang terminal penumpang pada tahun 2029. Analisis Pertumbuhan arus Penumpang Embarkasi ( Keberangkatan ) dan Debarkasi ( Kedatangan ) menggunakan model pertumbuhan bantuan Software SPSS v.22, untuk mendapatkan persamaan  Linier Berganda Y = α + β1X1+ β2X2  dengan membangingkan / memasukan variable independent. Yaitu, Data Pertumbuhan Penduduk ( X1 ) dan Pendapatan Per Kapita ( X2 ) Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat tahun 2006 -2017.

Kata kunci: Jumlah penumpang, fasilitas terminal penumpang, Persamaan Linier Berganda, SPSS.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2000. Metode Penelitian. Jakarta: Pustaka Belajar.

Departemen Perhubungan Republik Indonesia, September 2007, Rencana Induk Pelabuhan Tanjung Priok Propini DKI Jakarta Raka Mandi, Nyoman Budiartha, 2015, PELABUHAN Perencanaan dan Perancangan Konstruksi Bangunan Laut dan pantai, Arti Foundation, Bali.

Muhammad Iksan, Wahyu Hidayat, dan Muhammad Rijal, 2014, Redesain & Pengembangan Terminal Penumpang Pelabuhan Lasdap Siak Sri Indrapura Dengan Pendekatan Arsitektur Tropis, Fakultas Teknik Universitas Riau, Riau.

Nasution, M. Nur, 2003, Manajemen Transportasi. Ghalia Indonesia.

Neufret, Ernst, Alih bahasa oleh Sjamsu Amril, 1993, Data Arsitek , Edisi Jilid I dan II Erlangga, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.