KAJIAN PERJALANAN KOMUTER MODA KERETA API (STUDI KASUS : KERETA API (KA) SUKABUMI-BOGOR)

ARMAN MAULANA

Abstract


Kereta Api (KA) Pangrango Suikabumi-Bogor ataupun Bogor-Sukabumi diresmikan pada 9 November 2013, KA ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan pergerakan pada kedua wilayah tersebut. Tujuan dari penelitian ini, mendapat gambaran pola dan karakteristik perjalanan penumpang komuter KA, menganalisis besaran tingkat pertumbuhan perjalanan penumpang komuter KA, dan upaya penanganan/konsep perbaikan Kereta Api (KA) Sukabumi-Bogor ataupun Bogor-Sukabumi. Digunakan dasar utama UU RI No.23 Tahun 2007, dan Permenhub RI No.110 Tahun 2017 dalam pengamatan survei secara langsung. Metode penelitian menggunakan data primer dari hasil kuesioner kepada pengguna jasa kereta api (KA) tentang pelayanan dan kepentingan, dan analisis data sekunder dari PT.KAI menjadi data yang informatif pada kajian perjalanan komuter moda kereta api (KA), serta mengunakan metode furness pada pemodelan transportasi, penyajian data statistik, dan ramalan permintaan (demand forecast).

Hasil penelitian menunjukan bahwa Kereta Api (KA) Pangrango memenuhi 80,72 % pada lintas Sukabumi-Bogor, dan 79,86 % pada lintas Bogor-Sukabumi berdasarkan kuesioner jenis atribut pelayanan terhadap pengguna jasa kereta api (KA) Pangrango, hal ini sudah memenuhi standar pelayan minimal dan menjadi moda transportasi utama bagi masyarakat. Tetapi kinerja PT.KAI Kereta Api (KA) Pangrango masih belum optimal dikarenakan sarana, prasarana, dan frekuensi perjalanan Kereta Api (KA) Pangrango masih terbatas. Oleh karena itu diharapkan pada masa yang akan datang adanya penambahan armada kereta api, frekuensi perjalanan, dan jalur track sehingga dapat terciptanya angkutan massal yang layak dan handal.

Kata Kunci : Metode Furness, Perjalanan Komuter, Ramalan Permintaan.

Full Text:

PDF

References


Andriansyah. (2015) Manajemen Transportasi Dalam Kajian Dan Teori.

Bayu dan Wahyu. (2014) Analisis Kinerja Operasional Kereta Api Sriwendani Ekspress Jurusan Solo-Yogya. Jurnal Teknik Pomits Vol. 3, No.1.

Bogor.Pojoksatu.id. (2019) Pembangunan Double Track KA Sukabumi-Bogor.

Cahyono, B.A. (2019) Statistika Daerah Kota Bogor 2019.

Heritage.Kai.id. (2017) Lintas Bogor Sukabumi Bandung.

Herlina, Vivi. (2019) Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Science).

Metropolitan.id. (2018) Perhari, 48 Ribu Kendaraan Masuk Ke Kota Bogor.

Miro, Fidel. (2012) Pengantar Sistem Transportasi.

Nasution, H.M.N. (1996) Manajemen Transportasi. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No.110 Tahun 2017 Tentang Tata Cara dan Standar Pembuatan Grafik Perjalanan Kereta Api, Perjalanan Kereta Api di luar Grafik Perjalanan Kereta Api , dan Perjalanan Kereta Api Luar Biasa.

PT. Kereta Api Indonesia (Persero). (2017) Lintas Bogor Sukabumi Bandung.

Saman. (2019) Statistika Daerah Kota Sukabumi 2019.

S.N. (1986) Perencanaan Konstruksi Jalan Rel (Peraturan Dinas No.10).

Suwanto, Manang. (2009) Kajian Perjalanan Moda KA Studi Kasus Kereta Rel Listrik (KRL) Bogor-Depok-Jakarta.

Tamin, O.Z. (2000) Perencanaan dan Pemodelan Transportasi (Edisi 2).

Undang-Undang Republik Indonesia No.23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian.

Walpole, Ronal.E. (1992) Pengantar Statistika.

Wibowo, Arie.S. (2013) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan KRL Commuter Line Bogor-Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.