ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STUDI KASUS : RUAS JALAN TOLE ISKANDAR DEPOK)
Abstract
Keadaan perkerasan pengaruhi kenyamanan, keamanan serta keselamatan pengguna jalur. Tetapi, keadaan perkerasan semakin terus menjadi lama semakin berkurang oleh sebab itu butuh dilakukan pemeliharaan jalur, yang meliputi perawatan, rehabilitasi, dan penunjangan, serta peningkatan.
Dalam prosedur PCI (Pavement Condition Index), tingkatan keparahan kerusakan perkerasan ialah peranan dari 3 aspek utama, ialah : kategori kerusakan, tingkat kerusakan, mengukur dimensi kerusakan yang meliputi dalam, lebar, dan panjang kerusakan yang berlangsung. PCI ini ialah metode yang memiliki nilai berkisar diantara 0 sampai 100. Nilai 0 menampilkan perkerasan dalam keadaan sangat rusak, serta nilai 100 menampilkan perkerasan sangat sempurna. Prosedur PCI digunakan sebagai evaluasi kinerja perkerasaan dan memastikan upaya pemeliharaan serta revisi.
Hasil riset menunjukkan nilai keadaan perkerasan (PCI) rata-rata ruas jalur Tole Iskandar Depok, adalah 93,64% yang termasuk dalam kategori sempurna (excellent), namun pada kenyataannya ada beberapa segmen yang tidak bisa dikatakan sangat baik. Nilai kondisi perkerasan tertinggi dengan nilai PCI 100 terdapat pada 0+400 s/d 0+900, 1+100 s/d 1+500, dst. Sedangkan nilai kondisi perkerasan terendah terdapat pada STA 2+800 s/d 2+900 nilai PCI 62, dan 2+900 s/d 3+000 nilai PCI 68 dengan klasifikasi baik (good). Alternatif yang sesuai adalah melapisi retak, pengisian retak dan penambalan lubang.
Kata kunci : analisa, kerusakan jalur, metode Pavement Condition Index
Full Text:
PDFReferences
ASTM D6433. Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys, 48 pp, 2007.
Departemen Pekerjaan Umum, “Manual Pemeliharaan Jalan No. 03/MN/B/1983”, Jakarta, 1983.
Hardiyatmo, H. C. (2007). Pemeliharaan Jalan Raya. UGM Press, Yogyakarta.
Id.wikipedia.org/wiki/Kota_Depok
Id.wikipedia.org/wiki/Tole_Iskandar
Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran, dan Ilmu Kesehatan Vol. 1, No. 1, April 2017: hlm 111-114.
Khairi, A. (2012) “Evaluasi Jenis dan Tingkat Kerusakan dengan Menggunakan Metode PCI”.
Kurniawan, Rizaldi, “Analisa Kondisi Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus: Ruas Jalan Argodadi, Sedayu, Bantul,Yogyakarta)”. Yogyakarta, 2016.
Presiden Republik Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan”. Nusa Media, Jakarta, 2009.
Presiden Republik Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan”. Nusa Media, Jakarta, 2004.
Sukirman, S., Perkerasan Lentur Jalan Raya, Badan Penerbit Nova, Bandung, 1999.
Suwardo dan Sugiharto, Tingkat Kerataan Jalan Berdasarkan Alat Rolling Straight Edge Untuk Mengestimasi Pelayanan Jalan, Universitas Gajah Mada : Yogyakarta, 2004.
Refbacks
- There are currently no refbacks.