ANALISIS KERUSAKAN PERKERASAN JALAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE PCI ( Pavement Condition Index ) (STUDI KASUS : Jalan Waru – Pasar Parung STA 2 +575 s/d STA 3+823)
Abstract
Curah hujan yang tinggi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan banyaknya kerusakan yang terjadi pada jalan. Minimnya drainase di jalan Waru-Pasar parung membuat air banyak menggenang dijalan yang bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan perkerasan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerusakan permukaan perkerasan berdasarkan Pavement Condition Index (PCI).
Data kerusakan jalan didapatkan melalui survey kondisi existing, data kerusakan digolongkan pada tiap segmen kerusakan dan tingkat kerusakannya. Tingkat kurasakan inilah yang menentukan angka density dan deduct value dari setiap tipe kerusakan tiap segmen jalan.
Analisis hasil penelitian menunjukkan angka permukaan perkerasan sebesar 77,2% dan tergolong sangat baik jika dilihat dari hasil perhitungan PCI, akan tetapi penurunan kualitas aspal sebesar 32.8% tersebut dalam jangka waktu <6 bulan setelah selesei pengerjaannya.
Kata Kunci : Pavement Condition Index (PCI), density, deduct value, tingkat kerusakan.
Full Text:
PDFReferences
Adi, H. (2016). Analisis Kerusakan Jalan Perkotaan Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Perkotaan Kabupaten Wonosobo).
Arifah, M.N., Wibowo, A. (2017). Kajian Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Dini Perkerasan Jalan Lentur Dan Pengaruhnya Terhadap Biaya Penanganan, vol 3.
Ferdiana, T., Prladytama, I. (2015). Analisis Defect Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA) Berdasarkan Data Ground Finding Sheet (GFS) PT. GMF Aeroasia.
Nuriawati, L. (2017). Evaluasi Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Berdasarkan Fault Tree Analysis (Fta), Failure Modes & Effect Analysis (Fmea) Dan Preliminary Hazard Analysis (Pha) Di Jurusan Tiptl Smk Negeri 1 Magelang.
Rondi, M. (2016). Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga Dan Metode Pci (Pavement Condition Index) Serta Alternatif Penangananya (Studi Kasus:Ruas Jalan Danliris Blulukan-Tohudan Colomadu Karanganyar).
Yuda, P.W. (2017). Analisis Kerusakan Dini Perkerasaan Lentur Terhadap Umur Sisa Perkerasan Akibat Beban Berlebih Kendaraan (Overload): Studi Kasus Ruas Jalan Jogja – Solo (Analysisi Of Early Failure Of The Flexible Pavement To Its Remaining Life Due To Overloading:Case Study Of Jogja - Solo Road Section).
Refbacks
- There are currently no refbacks.