PERENCANAAN PERKERASAN KAKU JALAN KABUPATEN BOGOR Studi Kasus : (Ruas Jalan Semplak–Salabenda (STA. 0+000 - STA. 2+850))

MUHAMAD SEPTIAN

Abstract


Transportasi menjadi salah satu sarana penunjang dalam pembangunan suatu daerah khususnya daerah Kabupaten Bogor yang sedang berkembang dslsm bidang isdustri dan pertanian/perkebunan, dalam hal ini sarana dan prasarana transportasi adalah salah satu faktor yang sangat menunjang. Untuk itu diperlukan pemerataan pembangunan jaringan jalan yang memadai agar mampu memberikan pelayanan yang optimal sesuai dengan kapasitas jalan  yang  diperlukan., adapun maksud dari penelitian untuk merencanakan ulang hasil perhitungan perkerasan kaku yang aman dan memadai bagi pengguna jalan ruas jalan Semplak-Salabenda ( STA 0+000 – STA 2+850), dan tujuan agar dapat memberikan perkerasan kaku (rigid pavement) yang baik bagi pengguna jalan  ruas jalan Semplak - Salabenda  (STA. 0+000 - STA. 2+850). Dengan cara pengambilan data LHR (Lalu Lintas Harian Rata-Rata) yang dilakukan pada jam sibuk. Kesimpulan dari perhitungan yaitu tebal plat 200mm (20cm) dengan total fatigue  sebesar 1,56 (< 100). Perhitungan sudah cukup maka tebal plat 20cm cukup dan dapat digunakan. Untuk penulangan arah melintang diperoleh diameter D16 dengan jarak 600 mm dan penulangan dowel digunakan ukuran diameter D25 dengan jarak 300mm.

 

   Kata kunci : LHR, Penulangan Dowel, T-bar,Perkerasan kaku


Full Text:

PDF

References


Data CBR (California Bearing Ratio), PT. 4CIPTA KONSULTAN,2018

Manual Kapasitas Jalan Indonesia, 1997.

Pemodelan Transportasi. Bandung: Institut Teknologi Bandung. Sukirman, Silvia. 1999.

Perkerasan jalan beton semen portland metode AASHTO,1993.

Petunjuk Perencanaan Perkerasan Kaku (Beton Semen) Departemen Pekerjaan Umum, 2003

Pedooman Konstruksi dan Bangunan Perencanaan Perkerasan, Departemen Pekerjaan Umum, 2005.

Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No.038/TBM/1997

Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota Ditjen Bina Marga, 1997

Tugas akhir perencanaan kaku jalan kabupaten/kota (studi kasus : jalan akses komplek puri pamulang) KOTA TANGGERANG SELATAN : Fitri Yunitasari, ST, 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.