STUDI PENGARUH BEBAN BERLEBIH (OVERLOAD) KENDARAAN BERAT TERHADAP BERKURANGNYA UMUR RENCANA PERKERASAN LENTUR (Studi Kasus Ruas Jalan Raya Siliwangi - Sukabumi)

BAYU NURIZKI

Abstract


Ruas jalan Siliwangi – Sukabumi merupakan jalan utama yang banyak dilewati kendaraan berat muatan barang, sehingga berpotensi sering terjadi pelanggaran muatan berlebih. Muatan berlebih  berdampak buruk terhadap kondisi perkerasan jalan yang telah direncanakan. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan  untuk menghitung dampak muatan berlebih (overload) yang mengakibatkan umur perkerasan jalan lebih pendek dan untuk mengetahui sisa umur perkerasan jalan. Data yang dipakai dalam tugas akhir ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari hasil survey lapangan. sedangkan untuk data sekunder didapatkan dari instansi terkait yaitu Dinas PU Provinsi Jawa Barat. Lokasi studi kasus yaitu ruas jalan Siliwangi – Sukabumi. Lokasi ini diambil sebagai daerah pengamatan langsung untuk mendapatkan data primer berupa data lalu–lintas harian  rata–rata (LHR). Data-data yang sudah didapat akan dihitung  pengaruh kendaraan yang bermuatan lebih (overload) terhadap umur perkerasan jalan dengan Metode Analisa Komponen 1987. Dari hasil analisa yang didapat persentase pengaruh dari beban kendaraan muatan berlebih terhadap berkurangnya umur perkerasan ruas jalan Siliwangi – Sukabumi mencapai 33,4% yang seharusnya 6 tahun pada awal perencanaan, menjadi lebih singkat yaitu 4 tahun bila dilalui oleh kendaraan dengan muatan berlebih (overload).

 

Kata kunci: kendaraan berat, overload, perkerasan lentur, umur rencana.


Full Text:

PDF

References


Anas A. M., 1974, Buku Pedoman Tebal Perkerasan (Flexible) Jalan Raya, Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta

Anas A. M., 1977, Dasar-dasar Teori Perncanaan Perkerasan Lentur Jalan Raya, Badan penerbit pekerjaan umum, Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Badan Penerbit PU, Jakarta 1997

Departemen Pekerjaan Umum 1987, Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen SKBI 2.3.26. 1987 UDC : 624.72 (02), Badan Penerbit PU, Jakarta

Departemen Pekerjaan Umum, 1997, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta.

Hikmat Iskandar, 2008, Jurnal Perencanaan Volume Lalu Lintas Untuk Angkutan Jalan

Perpustakaan Universitas Pakuan Bogor

Repository Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Sukirman, Silvia, 1999, Perkerasan Lentur Jalan Raya. Jilid 2. Penerbit Nova, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.