ANALISA TINGKAT KESELAMATAN LALU LINTAS DENGAN METODE Traffic Conflict Technique (TCT)
Abstract
Studi terhadap peningkatan Kecelakaan Lalu Lintas menggunakan metode traffic conflict technique (TCT) merupakan hasil penelitian yang dikembangkan oleh Departeman of traffic planning and engineering di Lund University di Swedia, cara kerja dari metode tersebut adalah dengan cara mendata kasus kecelakaan yang terjadi atau Near Miss Accident serta melihat potensi terjadinya kecelakaan, dalam metode tersebut ada istilah time to Accident (TA) yang artinya waktu yang tersisa sejak tindakan mengelak (evasive) sampai pada saat terjadinya tabrakan, jika pengguna jalan tidak merubah kecepatan kendaraannya serta tidak mengubah arah laju kendaraanya. Maka nilai TA dihitung berdasarkan perkiraan jarak (D) dan kecepatan kendaraan (V) yang diperoleh dari hasil survei setelah melakukan observasi di lapangan dengan menggunakan metode TCT, maka lokasi penelitian berpotensi untuk menyebabkan terjadinya kecelakaan. dengan kata lain, bahwa metode ini bisa digunakan sebagai upaya meningkatkan keselamatan dan kenyamanan untuk para pengguna jalan dan mampu memberikan gambaran-gambaran titik konflik pada persimpangan yang menyebabkan potensi akan terjadinya kecelakaan.
Kata kunci : Tranportasi, TCT, persimpangan, preventif.
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik Kabupaten Lebak, di akses dari https://lebakkab.bps.go.id/indicator/12/64/1/jumlah-penduduk-laki-laki-dan-perempuan-kabupaten-lebak-menurut-kecamatan.html pada 25 Maret 2022
Fauzi, P. R. (2008). Analisis tingkat keselamatan Lalu Lintas dengan Metode Traffic Conflict Technique (TCT). FT UI. https://dokumen.tips/documents/bab-3-metodologi-tingkat-metodologipdf-analisis-tingkat-keselamatan-rachmat.html?page=7
Groga, S. A. (2012). Upaya peningkatan keselamatan simpang tiga dengan metode traffic conflict technique (TCT). FT UI.
Hartom. (2005). Klasifikasi Kecelakaan lalu Lintas. Jakarta.
Indriastuti, A. K. (2011). Karakteristik Kecelakaan Dan Audit Keselamatan Jalan Pada Ruas Ahmad Yani Surabaya. Jurnal Rekayasa Sipil / Volume 5, No.1-2011 ISSN 1978-5658, 40-44.
Keputusan menteri nomor 248 tahun 2015 tentang penetapan ruas jalan arteri dan jalan kolektor
MKJI. 1997 panduan lalu lintas, Geometri , Pengaturan Lalu Lintas
Pandey, S. V. (2012). KELAS JALAN DAERAH UNTUNG ANGKUTAN BARANG. Tekno Sipil/ Volume 12 . No.60 / April 2012, 28-37.
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor Pm 13 Tahun 2014 Tentang Rambu Lalu Lintas
Purnawan, F. Q. (2018). Identifikasi Jenis Konflik Pada Persimpangan Berkaki banyak.
Purwanto, E. (2014). Persimpangan. Jakarta. https://www.slideshare.net/bangkitbayu/persimpangan?next_slideshow=34719712 pada 28-Juni-2022
Rangkuti, N. W. (2019). Analisa Tingkat Keselamatan Lalu Lintas Pada Persimpangan Dengan Metode Traffic Conflict Technique (TCT),. Medan: Indinesia.
Setijowarno, D. (2003). Faktor Kecelakaan Lalu Lintas. Sumatra Utara.
Undang-undang no 22 tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004, tentang jalan
Refbacks
- There are currently no refbacks.