EVALUASI KINERJA BUS TRANSJAKARTA KORIDOR 7 (KAMPUNG MELAYU – KAMPUNG RAMBUTAN)
Abstract
Bus Trans Jakarta adalah salah satu angkutan umum yang merupakan solusi untuk mengatasi permasalah transportasi di DKI Jakarta, namun pada jam – jam tertentu jumlah armada bus yang tersedia belum memadai untuk mengangkut penumpang, dan berdampak pada permasalahan yang baru, seperti lamanya waktu menunggu bus, sehingga terjadi penumpukan penumpang, dan kurangnya jumlah armada bus. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian simpel random sampling, Faktor muat (Load faktor), perhitungan jumlah penumpang, jarak antara (Headway), waktu perjalanan (Travel time), dan Perhitungan Kebutuhan Jumlah Armada. Diketahui factor muat (load factor) dari hasil analisis bahwa faktor muat yang terbesar dengan jumlah 1,74 pada pukul 13.00-15.00 di halte Kampung Melayu, sedangkan load factor terendah dengan jumlah 0,39 pada pukul 13.00-15.00 di halte Kampung Rambutan. Hasil analisa perhitungan jumlah armada, didapat kebutuhan armada pada jam sibuk pagi hari adalah 28 unit armada dengan 47 trip kendaraan; pada jam tidak sibuk siang hari adalah 19 unit armada dengan 22 trip kendaraan; dan pada jam sibuk sore hari adalah 28 unit armada dengan 26 trip kendaraan. Tanggapan pengguna terhadap kinerja bus TransJakarta, sudah dinyatakan baik dan sesuai.
Kata kunci : faktor muat, waktu antara, waktu perjalanan, Standar Pelayanan Minimal.
Full Text:
PDFReferences
Allen, Heather. (2013). Bus reform in Seoul, Republic of Korea. Global Report on Human Settlements, UN-Habitat.
Chinitra, Charismatika. (2015). Transjakarta Jakarta Bus Rapid Transit System. The State University of New Jersey, Rutgers.
SK Dirjen Perhubungan Darat SK.687/AJ.206/DRJD/2002. (2002). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur.
https://timur.jakarta.go.id. Geografis wilayah Jakarta Timur, diakses pada tanggal 01 September 2019.
http://transjakarta.co.id/tentangkami.php?page_id=1, Tentang Kami, diakses pada tanggal 08 Oktober 2019.
Irwansyah, Deni (2016). Evaluasi Kinerja Bus Transjakarta Koridor 3 (Kampung Melayu – Kampung Rambutan). Universitas Esa Unggul, Jakarta.
Miro, Fidel, (1997). Sistem Transportasi Kota: Teori dan Konsep Dasar. Penerbit Tarsito, Bandung.
Miro, Fidel. (2004). Pengantar Sistem Transportasi. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Miro, Fidel. (2005). Perencanaan Transportasi Untuk Mahasiswa, Perencanaan dan Praktisi. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Morlok, E.K. (1988). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi (Terjemahan). Penerbit Erlangga, Jakarta.
Nasution, M. Nur, (2004), Manajemen Transport. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.
Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 33 Tahun 2017 Tentang Standar Pelayanan Minimal Layanan Angkutan Umum Transjakarta.
Sihombing, Ruben (2009). Optimalisasi Waktu Tempuh Bus Trans Jakarta Koridor 1 Blok M Kota Ditinjau dari Informasi Waktu Ulang APILL. Universitas Indonesia, Jakarta.
Zudhyirawan, (2006), Manajemen Angkutan Umum. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.