ANALISIS TINGKAT KEPADATAN DAN DAYA DUKUNG TANAH LEMPUNG EKSPANSIF DENGAN PENAMBAHAN MATERIAL PASIR

SYLVIA MONICA

Abstract


ABSTRAK

Tanah ekspansif  merupakan jenis tanah yang mempunyai potensi pengembangan dan penyusutan yang tinggi akibat perubahan kadar air. Tanah ekspansif menyusut saat kadar air pada tanah berkurang, dan mengembang saat kadar air pada tanah bertambah. Apabila tanah ekspansif mengembang, tekanan pengembangan yang terjadi dapat mengangkat struktur tanah pada bagian bawah bangunan dan mengakibatkan kerusakan pada bangunan gedung dan perkerasan jalan. Penelitian eksperimental dilakukan di Laboratorium Teknik Sipil Universitas Pakuan dengan melakukan pencampuran tanah lempung dengan pasir pada berbagai variasi persentase. Tanah yang digunakan sebagai bahan penelitian merupakan sampel tanah yang diambil di Jalan Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pada penelitian ini dilakukan 2 (dua) kelompok pengujian, yaitu pengujian sifat fisik dan pengujian sifat mekanis dari tanah. Variasi persentase pasir yang digunakan adalah 20%, 30%, dan 40%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai kepadatan maksimum terjadi peningkatan dari tanah asli dengan kepadatan maksimum tertinggi pada variasi campuran pasir 40%. Pada pengujian CBR (unsoaked) nilai CBR tanah terjadi peningkatan dari tanah asli dengan nilai CBR tertinggi pada variasi campuran pasir 40%. Peningkatan-peningkatan yang terjadi seiring dengan bertambahnya persentase campuran pasir.

Kata Kunci: daya dukung tanah, kepadatan maksimum, tanah lempung ekspansif.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Muthia., & Saleh, Alfian. Metode Perbaikan Tanah Dengan Penambahan Pasir. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning. 2019.

Badan Standarisasi Nasional Indonesia. Cara Uji Analisis Ukuran Butiran Tanah (SNI 3423:2008), Jakarta, 2008.

Badan Standarisasi Nasional Indonesia. Cara Uji Penentuan Batas Cair Tanah (SNI 1967:2008), Jakarta, 2008.

Badan Standarisasi Nasional Indonesia. Metode Uji CBR Laboratorium (SNI 1744:2012), Jakarta, 2012.

Braja, M Das. Mekanika Tanah Jilid 1, Erlangga, Jakarta, 1995.

Darwis. Dasar-Dasar Teknik Perbaikan Tanah, Pustaka AQ, Makasar, 2017.

Darwis. Dasar-Dasar Mekanika Tanah, Pena Indis,Makasar, 2018.

Ferdian, F., Jafri, M., & Iswan. Pengaruh Penambahan Pasir Terhadap Tingkat Kepadatan Dan Daya Dukung Tanah Lempung Organik, 2015.

Hardiyatmo, H. C. Tanah Ekspansif: Permasalahan dan Penanganan. Gajah Mada University Press, Yogyakarta, 2014.

Hermawan, R., Faizen, Z., & Sulistyorini, D. Pengaruh Pasir Terhadap Tingkat Kepadatan Tanah Lempung Ekspansif. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.