PEMANFAATAN LIMBAH READYMIX SEBAGAI BAHAN AGREGAT KASAR BETON NORMAL

CHONITA SALEH

Abstract


Pengertian beton adalah merupakan suatu produk yang dihasilkan dari interaksi mekanis dan kimiawi dari material pembentuknya. Pabrik beton readymix adalah pabrik yang mengolah campuran beton sesuai dengan perencanaan campuran (mix design). Limbah industri beton (readymix) adalah sisa-sisa dari hasil produksi atau kelebihan dari proyek.

Maksud Penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui kualitas dari limbah industri beton sebagai agregat kasar dalam campuran pada beton. Tujuan penelitian memanfaatkan limbah bebatuan dari industri beton secara optimal.

Dalam penelitian benda uji berupa silinder dengan kuat tekan rencana 25 MPa yang diuji pada umur 7, 14, 21, dan 28 hari. Hasil pengujian slump adalah 80 mm, sesuai dengan nilai slump yang direncanakan yaitu 75-100 mm. Berat volume beton  rata-rata pada umur 7 hari sampai umur 28 hari menurun akibat penyusutan kandungan air. Kuat tekan benda uji pengaruh umur semakin meningkat dari 7, 14, 21 dan 28 hari yaitu 12,91 MPa, 14,68 MPa,  16,4 MPa,  16,63 MPa. Menurut SNI, karna jumlah benda uji kurang dari 30 buah, maka penentuan kuat tekan menggunakan standar deviasi, dan didapatkan kuat tekan  24,59 MPa, sehingga dapat mendekati kuat tekan rencana yaitu 25 MPa, atau mencapai 98% dari kuat tekan rencana.

Kata kunci : beton, daur ulang, mutu



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.