PERHITUNGAN KEBUTUHAN ALAT BERAT PADA PEKERJAAN TANAH PROYEK PEMBANGUNAN PABRIK PRECAST DI SENTUL

DICKY SETIADI HADI EFFENDI

Abstract


Pekerjaan tanah dalam suatu proyek pembangunan gedung merupakan salah satu bagian yang sangat vital. Pekerjaan tanah di sini meliputi pekerjaan galian, timbunan, pengangkutan, dan pemadatan tanah. Pada umumnya pekerjaan tanah dikerjakan dengan bantuan alat berat. Pekerjaan tanah dalam skala kecil seringkali dilakukan dengan cara manual atau dengan menggunakan tenaga manusia. Namun bila skala pekerjaan cukup besar dan membutuhkan kecepatan dalam pelaksanaan pekerjaan, maka pekerjaan tanah tersebut dilakukan dengan cara mekanis atau dengan kata lain menggunakan bantuan tenaga mesin atau peralatan mekanis lainnya (alat-alat berat). Seperti pada proyek pembangunan pabrik precast di sentul yang luas total area pembangunannya 5,5 Ha dan memiliki kontur tanah yang tidak merata, maka diperlukan pekerjaan cut and fill menggunakan alat berat. Alat berat yang digunakan adalah excavator, dump truck, bulldozer, dan untuk pemadatan tanah digunakan vibration roller. Maksud dari penelitian ini adalah menghitung jumlah kebutuhan alat berat dalam pekerjaan pembangunan pabrik precast, dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kebutuhan alat berat yang di pergunakan dilapangan pada pekerjaan tanah.

Untuk mengetahui jumlah alat berat yang dibutuhkan khususnya excavator, dump truck, bulldozer dan vibration roller dengan metode perhitungan berdasarkan data analisa di lapangan.

Hasil dari perhitungan dan pengamatan di lapangan maka diperoleh produktivitas/jumlah alat berat yang dibutuhkan adalah excavator membutuhkan alat sebanyak 1 unit untuk membuang tanah sebesar 17.012,912 m3 dalam waktu 28,419 hari, dump truck membutuhkan alat sebanyak 2 unit untuk membuang tanah sebesar 17.012,912 m3, bulldozer membutuhkan alat sebanyak 1 unit untuk meratakan tanah sebesar 17.012,912 m3, dan vibration roller membutuhkan alat sebanyak 1 unit untuk memadatkan tanah sebesar 13.221,92 m³.

Kata kunci : bulldozer, dump truck, excavator, produktivitas, vibration roller.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.