PERCEPATAN PELAKSANAAN PEKERJAAN PROYEK JALAN SERUA RAYA DEPOK DENGAN METODE TIME COST TRADE OFF

IMAY ZULKASA

Abstract


Berbagai hal dapat terjadi dalam pelaksanaan proyek konstruksi yang bisa menyebabkan bertambahnya waktu pelaksanaan sehingga waktu penyelesaian proyek menjadi terlambat.

Percepatan proyek tidak dapat dilaksanakan tanpa adanya suatu perencanaan yang baik. Alternatif yang dipakai untuk percepatan proyek adalah dengan penambahan tenaga kerja dan jam kerja. Salah satu metode yang sering digunakan untuk mengalisa percepatan  adalah Analisa pertukaran biaya dan waktu (Time Cost Trade Off Analysis) yang bertujuan untuk menganalisis percepatan proyek dengan waktu percepatan maksimal dengan biaya percepatan minimal.

Pengadaan sarana pembangunan berupa peningkatan jalan Serua Raya yang berada dikota Depok dari semula perkerasan lentur menjadi perkerasan beton (concret) tentunya  membuat aksebilitas kendaraan yang akan melintasi jalan tersebut menjadi tergangu. Hal ini dapat berdampak buruk bagi sebagian pihak yang memerlukan lancarnya akses jalan yang akan dilaluinya. Untuk itu diperlukan alternatif guna melihat agar proyek pekerjaan konstruksi ini bisa cepat terlaksana dan metode yang dapat digunakan adalah metode Time Cost Trade Off.

Percepatan pekerjaan dimulai dari dengan kegiatan yang kira-kira pekerjaan tersebut penting dan tidak boleh terlambat maka jika terjadi keterlambatan dapat menggangu pekerjaan lainnya. Ada 7 item pekerjaan yang harus dipercepat penyelesaiannya ketujuh item pekerjaan tersebut di crashing dengan menambahkan jumlah pekerja. Biaya mengalami penambahan 10% dari nilai kontrak.

 

Kata kunci : Time Cost Trade Off Analysis, Jalan Serua Raya Depok, Biaya dan Waktu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.