ANALISIS PROPERTI RUMAH TINGGAL SEBAGAI AGUNAN DENGAN METODE PENILAIAN APPRAISAL

Andika Pranatama Putra

Abstract


Bank dan Lembaga Keuangan (LK) memegang peranan penting dalam penyediaan dana untuk proyek dalam bentuk pinjaman. Agunan merupakan hal yang paling diutamakan untuk mendapatkan keyakinan bagi bank atas dana yang disalurkan dalam bentuk kredit. Appraisal merupakan sektor jasa yang dapat berperan penting dalam menentukan nilai ekonomis aset dan potensi harta kekayaan. Tujuan penulisan ini adalah untuk meneliti metode appraisal dalam penilaian properti sebagai agunanyang digunakan untuk mendapatkan nilai pasar maksimum dan minimum dari agunan berupa properti rumah tinggal.

Obyek penelitian adalah rumah tinggal di Perumahan Budi Agung Jl. Pinus Blok U No.11-12 Kel.Sukadamai, Kec.Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat. Penilaian dilakukan dengan memakai dua metode yaitu Metode Pendekatan Data Pasar (Market Data Approach Method) dan Metode Pendekatan Biaya (Cost Approach Method). Penilaian tersebut dapat menghasilkan taksiran tentang Nilai Satuan Baru Tanah dan Bangunan/m², Nilai Produksi Baru, Proyeksi Nilai Pasar Wajar, Nilai Safety Margin dan Nilai Likuidasi dari agunan tersebut. Dari dari nilai-nilai tersebut akan diperoleh besarnya nilai obyek agunan.

Dari hasil perhitungan metode pendekatan data pasar didapatkan nilai jual tanah agunan maksimal sebesar Rp.1.623.000,-/m². Sedangkan dari hasil perhitungan dengan metode pendekatan biaya didapat nilai pasar wajar (maksimal)bangunan  Rp.3.037.253,-/m². Didapatkan nilai taksir pasar wajar (maksimal) tanah dan bangunan sebesar Rp.1.784.754.000,- dan nilai setelah safety margin(minimum) Rp.1.338.600.000,-.

Kata kunci: penilaian, agunan, rumah, kredit

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.