ASPEK TRANSPORTASI TERHADAP PEMILIHAN LOKASI PERUMAHAN DI KOTA BOGOR STUDI KASUS: (PERUMAHAN TAMAN YASMIN SEKTOR II DAN III KALURAHAN CURUG MEKAR BOGOR).

Cristovao Julito Soares

Abstract


Lokasi perumahan merupakan kunci, dalam menentukan nilai dan harga suatu rumah. Keberadaan suatu lokasi perumahan tidak dapat dilepaskan dari berbagai aspek pendukung di sekitar lingkungan perumahan. Salah satu aspek pendukung yang tidak bisa diabaikan adalah aspek transportasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terhadap pemilihan suatu lokasi perumahan. 

Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melalui survei wawancara kepada anggota masyarakat yang tinggal di komplek perumahan dengan 9 variabel. Survei kuesioner dilakukan terhadap penghuni perumahan pada kawasan perumahan Taman Yasmin Sektor II dan III Bogor dengan simple random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Identifikasi faktor pengaruh didapatkan dari analisis terhadap aspek – aspek transportasi berdasarkan nilai tingkat signifikansi aspek.

Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek transportasi yang berpengaruh terhadap pemilihan lokasi perumahan, variabel bebas tersebut secara parsial dan serempak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan lokasi perumahan dan menunjukkan bahwa konsumen memilih lokasi perumahan Taman Yasmin Sektor II dan III Bogor karena pengaruh aspek transportasi terhadap pemilihan  lokasi, maka akan berdampak peningkatan peluang untuk dapat menarik minat konsumen dalam dunia pasar pengembang.

Kata-kata  kunci : sample random sampling, aspek transportasi, regresi linier berganda

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.