PENGARUH PENJUALAN KREDIT DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR KOSMETIK DAN KEPERLUAN RUMAH TANGGA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2017

Siti Mutia Rahmawati, Budiman Slamet, Siti Maimunah

Abstract


Suatu perusahaan memberikan fasilitas penjualan secara kredit dengan maksud untuk menaikkan volume penjualan. Dengan adanya peningkatan penjualan maka dengan sendirinya akan meningkatkan pendapatan yang akan diperoleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penjualan kredit dan perputaran piutang terhadap profitabilitas pada perusahaan  sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017.Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 4 perusahaan. Sampel dipilih menggunakan metode purposive/judgment sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Data diuji dengan menggunakan Eviews 10 dengan menggunakan analisis regresi data panel, dan uji hipotesis.Pengujian secara parsial dengan uji t mendapatkan hasil penjualan kredit berpengaruh terhadap profitabilitas (return on assets) dan perputaran piutang berpengaruh terhadap profitabilitas (return on assets).  Hasil pengujian secara simultan dengan uji F yaitu  penjualan kredit dan perputaran piutang secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap profitabilitas (return on assets). Nilai koefesien determinasi (R2) adalah sebesar 0,964745 atau 96,47 hasil ini menunjukan bahwa variasi dari profitabilitas dapat diterangkan penjualan kredit dan perputaran piutang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.