PENGARUH BIAYA PEMASARAN PRODUK TABUNGAN PERENCANAAN ANAK SEKOLAH (TAPENAS) TERHADAP PENINGKATAN SUMBER DANA PADA PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG UTAMA MENTENG

urnita Hayatun Maulana, Arief Tri Hardiyanto, Ellyn Octavianty

Abstract


Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memperkenalkan produk yang
dimiliki, dalam hal ini BNI memiliki produk tabungan perencanaan yang di namakan Tapenas. Dalam
rangka memasarkan produk tapenas kepada nasabah ada biaya-biaya yang diperlukan antara lain biaya
leaflet, biaya memelihara hubungan nasabah dan biaya merchandise. Penulis menggunakan data biaya
pemasaran yang terdiri dari biaya leaflet, biaya memelihara hubungan nasabah dan biaya merchandise
dengan perkembangan sumber dana untuk tahun 2013 sampai dengan tahun 2018. Teknik data analisis yang
digunakan adalah analisis linier berganda dengan versi SPSS 17.0.
Hasil penghitungan koefisien korelasi yang ditunjukan dengan R sebesar 0.998, hasil koefisien 0.998 berada
pada interprestasi koefisien korelasi 0.80 – 1.00 berada pada tingkat hubungan yang sangat kuat dan searah
antara variable independent (biaya leaflet, biaya memelihara hubungan nasabah dan biaya merchandise)
dengan variable dependent (dana).
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah sebesar apa peranan yang dihasilkan dari biaya pemasaran (biaya
leaflet, biaya memelihara hubungan nasabah dan biaya merchandise) untuk produk tabungan perencanaan
anak sekolah dalam meningkatkan sumber dana cabang. Pada dasarnya semakin menarik program yang
dibuat maka akan meningkatkan minat nasabah untuk mempunyai produk tapenas yang tentunya akan
meningkatkan sumber dana cabang dalam jangka panjang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.