ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM PADA KONVEKSI THANKZ PROJECT

Devia Leviasari, Hendro Sasongko, Retno Martanti E.L, Nizar Kamil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi dengan perbandingan perhitungan menggunakan metode yang biasanya digunakan oleh konveksi thankz project dan dengan metode activity based costing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan cara wawancara langsung kepada staf konveksi. Metode analisi data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini perhitungan dengan metode activity based costing mengalami undercosting pada beberapa produk di konveksi thankz project yaitu jaket, hoodie dan merchandise dan juga mengalami overcosting pada produk kaos, hal ini terjadi karena perubahan biaya overhead pabrik setelah dilakukannya perhitungan dengan metode activity based costing. Sehingga dapat disimpulkan penentuan harga pokok produksi dengan metode activity based costing lebih favorable apabila diterapkan pada konveksi thankz project.


Full Text:

PDF

References


Ashari, S. (2020). Penerapan Activity Based Costing Untuk Menentukan Harga Pokok Produksi. 148, 148–162.

Carter, W. k. (2009). Akuntansi Biaya.

Jakarta: Sleman Empat.

Dewi, S, P., & Kristanto, S, B. (2017).

Akuntansi Biaya Edisi 2. Bogor: In Media.

Harnanto. (2017). Akuntansi Biaya - Sistem Biaya Historis. Yogyakarta: ANDI.

Ingga, I. (2017). Akuntansi Manajemen Implementasi dalam kasus Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Nugroho, B. (2018). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Jamu Dengan Menggunakan Metode Full Costing Studi Kasus di Usaha Mikro Jamu Bu Tini Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma, 0–1.

Pulungan, R. Z. (2017). Perhitungan Unit Cost Dengan Metode Activity Based Costing (Abc) Sebagai Alternatif Penentuan Tarif Rawat Inap Rsud Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2017. 1–105.

Rachmawulan, D. L., & Yuni. (2018).

Analisis Perbandingan Biaya Produksi Menggunakan Metode Biaya Tradisional Dengan Metode Activity Based Costing (Studi Pada PT. Super Plastin Tasikmalaya) Dwi. JAWARA: Jurnal Wawasan Dan Riset Akuntansi, 5(2), 101–113.

Suripto, Astuti, Nurbawani, A., Sidharta, J., Purba, A, I., Wahyudi, I., Seribu, A, D., Simbolon, E., Munandar, A., & Zunaidi, A. (2021). Akuntansi Manajemen. Bandung: Media Sains Indonesia.

Vito, V. (2017). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menerapkan Activity Based Costing Pada PT. I-Won Apparel Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.