PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2020

Amellia Putri, Monang Situmorang, Wiwik Budianti

Abstract


Penghindaran pajak merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mengurangi beban pajak yang dibayarkan hal tersebut dapat menjadi pengurang ketika perusahaan menyetorkan sejumlah pajaknya. Penghindaran pajak disebabkan oleh tingginya beban pajak penghasilan yang harus ditanggung oleh wajib pajak. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penghindaran pajak diantaranya profitabilitas, leverage, pertumbuhan penjualan dan kepemilikan institusional. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis seberapa besar pengaruh profitabilitas, leverage, pertumbuhan penjualan dan kepemilikan institusional terhadap penghindaran pajak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian verifikatif, eksplanatory survey dengan menggunakan data sekunder. Metode penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan purpose sampling, jumlah perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 13. Data diuji dengan menggunakan SPSS versi 16.0, metode pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik dengan uji normalitas, multikolonearitas, autokorelasi, uji heteroskedastisitas lalu uji regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap penghindaran pajak. Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penghindaran pajak. Pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penghindaran pajak. Kepemilikan institusional tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap penghindaran pajak.  Secara simultan profitabilitas, leverage, pertumbuhan penjualan dan kepemilikan institusional berpengaruh terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur sector industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020.


Full Text:

PDF

References


Ainniyya, Salma Mustika, Ati Sumiati, and Santi Susanti.2021. "Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance." Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi 5.2.

Andhari, Putu Ayu Seri, and I. Made Sukartha.2017. "Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Inventory Intensity, Capital Intensity dan Leverage Pada Agresivitas Pajak." E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 18.3.

Ardianti, Putu Novia Hapsari.2020. "Profitabilitas, Leverage, dan Komite Audit Pada Tax Avoidance." E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 26.3.

Ariani, Miza, and Mohammad Hasymi.2018. "Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Size, dan Capital Intensity Ratio Terhadap Effective Tax Rate (Etr) (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia 2012-2016)." Profita: Komunikasi Ilmiah dan Perpajakan 11.3.

Barli, H. 2018 . Pengaruh Leverage dan Firm Size Terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 6(2), 223. doi:10.32493/jiaup.v6i2.1956.

Cahyono, Deddy Dyas, Rita Andini, dan Kharis Raharjo.2016. "Pengaruh Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan (Size), Leverage (DER) dan Profitabilitas (ROA) Terhadap Tindakan Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Pada Perusahaan Perbankan Listing Di BEI Periode Tahun 2011–2013." Jurnal Akuntansi.

Fatimah, Nurul.2018. "Pengaruh Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Tax Avoidance".

Fatmawati, Octivia Rian, and Akhmad Solikin.2017. "Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Beban Iklan Terhadap Tindakan Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Manufaktur." Substansi: Sumber Artikel Akuntansi Auditing dan Keuangan Vokasi.

Harahap, S. S. 2017. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo.

Hery. 2017. Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: Grasindo.

Hery. 2018. Pengantar Manajemen. Cetakan Pertama. PT Grasindo. Jakarta.

Hidayat, Wastam Wahyu. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal, Universitas Islam Attahiriyah, Jakarta.

Hutapea, Rosalinda, and Romulo Sinabutar. 2021. "Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Manufaktur Sub-Sektor Kimia Tahun 2017-2019." Jurnal Ekonomis.

Ilyas, W. dan Priantara, D. 2016. Manajemen & Perencanaan Pajak Berbasis Risiko. Jakarta: In Media.

Kasmir. 2016, Analisis Laporan Keuangan, cetakan 9, Jakarta. PT Rajagarfindo.

Kurniasari, Erni, and Listiawati Listiawati. 2019. "Profitabilitas dan Leverage Dalam Mempengaruhi Effective Tax Rate." Jurnal Manajemen.

Lestari, Gusti Ayu Widya, and I. A. Putri. "Pengaruh Corporate Governance, Koneksi Politik, dan Leverage Terhadap Penghindaran Pajak." E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 18.3 (2017).

Mardiasmo. 2018. Perpajakan Edisi Terbaru 2018. Jakarta: TMBooks.

Ngadiman, Ngadiman, And Christiany Puspitasari. 2017.”Pengaruh Leverage, Kepemilikan Institusional, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2010-2012.”Jurnal Akuntansi 18(3).

Novianti, Ulfa, Michael Hadjaat, and Rizky Yudaruddin. 2019. "Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Tambang, Return On Invesment, Earning Per Share, Kepemilikan Institusional." Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM).

Oktaviana, Lusi, Ketut Sunarta, dan Haqi Fadilah. 2021. "Pengaruh Harga Transfer dan Leverage Terhadap Penghindaran Pajak Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2014-2018." Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi.

Pemerintah Indonesia. 2021. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Jakarta

Pemerintah Indonesia. 2020. Undang-Undang pada Pasal 5 ayat 1 Tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk penanganan pandemi covid-19. Jakarta

Pohan, Chairil Anwar. 2017. Manajemen Perpajakan. Jakarta: Kompas Gramedia.

Prasetyo, Irwan, and Bambang Agus Pramuka. 2018. "Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Proporsi Dewan Komisaris Independen Terhadap Tax Avoidance." Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi.

Purba, Reylina, Syafi‘i, And Haryono. 2018. “Pengaruh Penghindaran Pajak Terhadap Biaya Utang, dan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei 2013-2015.”Equity 4(2).

Purwanti, Shinta Meilina, and Listya Sugiyarti. 2017. "Pengaruh Intensitas Aset Tetap, Pertumbuhan Penjualan dan Koneksi Politik Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012–2016)." Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan 5.3.

Putri, Adriyanti Agustina, and Nadia Fathurrahmi Lawita. 2019. "Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Penghindaran Pajak." Jurnal Akuntansi dan Ekonomika 9.1.

Rahma Putri Santika, Rahma. 2019. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Corporate Social Responsiblity (Csr), dan Profitabilitas Terhadap Praktik Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Sub Sektor Batu Bara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2014-2018. Diss. Universitas Pancasakti Tegal,

Resmi, Siti. 2019. Perpajakan Teori & Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, Nur Amalia. 2018. ―Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Penghindaran Pajak Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).

Selviani, Renny, Joko Supriyanto, and Haqi Fadillah. 2019. "Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Penghindaran Pajak Studi Kasus Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Kimia Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013–2017." Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi 5.5.

Silvia, Yeanualita Selly, and Yeanualita Selly. 2017. "Pengaruh Manajemen Laba, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Tax Avoidance." Jurnal Equity 3.4.

Siti Kurnia Rahayu, 2017, Perpajakan Konsep dan Aspek Formal, Bandung: Rekayasa Sains.

Subagiastra, Komang, I. Putu Edy Arizona, and I. Nyoman Kusuma Adnyana Mahaputra. 2017. "Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Keluarga, dan Good Corporate Governance Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia)." JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi) 1.2.

Sugiyanto. 2018a. “Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pemoderasi Kepemilikan Institusional.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang 6(1).

Sujarweni, V. Wiratna. 2017. Analisis Laporan Keuangan Teori, Aplikasi dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Thesarani, Nurul Juita. 2017,“Pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Kepemilikan Manajeria, Kepemilikan Institusional dan Komite Audit Terhadap Struktur Modal.”Jurnal Nominal, Vol. 6.No. 2.

Toto Prihadi. 2019. Analisis Laporan Keuangan: Konsep dan Aplikasi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Utama, Fahreza, Dwi Jaya Kirana, and Kornel Sitanggang. 2019. "Pengaruh Penghindaran Pajak Terhadap Biaya Hutang dan Kepemilikan Institusional Sebagai Pemoderasi." Jurnal Bisnis Dan Akuntansi 21.1.

Wijayanti, Yoanis Carrica, and Merkusiwati. 2017. "Pengaruh Proporsi Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Pada Penghindaran Pajak." E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 20.1.

Yuniati, Mei, Kharis Raharjo, and Abrar Oemar. 2016. "Pengaruh Kebijakan Deviden, Kebijakan Hutang Profitabilitas dan Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2014." Journal of Accounting 2.2.

www.idx.co.id [Diakses 30 Desember 2021]

www.sahamok.com [Diakses 30 Desember 2021]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.