PENGARUH LABA BERSIH, ARUS KAS DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR KONSTRUKSI DAN BANGUNAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2015

Tiwi Winanti Wijaya, Monang Situmorang, Retno Martanti Endah

Abstract


Setiap perusahaan memiliki tujuan untuk dapat menjaga kelangsungan hidup dan memberikan kemakmuran bagi para pemegang sahamnya. Salah satu indikator kemakmuran pemegang saham adalah dengan mendapatkan capital gain yaitu pendapatan dari selisih positif antara harga jual dan harga beli saham, atau dividen tunai yang diterima dari perusahaan karena memperoleh keuntungan. Sebagian investor lebih memilih dividen dari pada capital gain, karena pembayaran dividen dapat mengatasi ketidak pastian dalam berkaitan dengan profitabilitas perusahaan dan memiliki risiko lebih rendah dari pada capital gain. Hal ini dikarenakan dividen diterima menurut dasar periode berjalan, sementara prospek realisasi keuntungan modal diperoleh dimasa yang akan datang, artinya untuk memperoleh capital gain harus berani untuk berspekulasi bahwa harga saham yang akan datang lebih besar dari pada harga saham pada waktu pembelian (Horne dan Wachowicz, 2013, 208).
Penelitian dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif statistik. Metode pengolahan data yang digunakan adalah dengan pengujian hipotesis, dengan menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), dan uji hipotesis (analisis koefisien determinasi/R2, uji koefisien regresi secara parsial/uji t, dan uji koefisien regresi secara bersama-sama/uji f).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laba bersih, berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen. Arus kas berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen. Nilai perusahaan berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen. Hal ini memberikan indikasi bahwa perusahaan masih mempunyai kemampuan yang baik dalam menghasilkan laba bersih dan masih mampu untuk membagikan dividen perusahaan terhadap para pemegang saham dimasa yang akan datang sehingga akan memaksimalkan nilai perusahaan.
Kata kunci : Laba Bersih, Arus Kas, Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen


Full Text:

PDF

References


Abdul Halim. 2015. Manajemen Keuangan Bisnis. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Ahmad Rodoni dan Herni Ali. 2014. Manajemen Keuangan Modern. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Brigham, Eugene F., dan Joel F Houston. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Alih Bahasa: Ali Akbar Yulianto, Edisi 2, Salemba Empat. Jakarta.

Dedi Ari Wibowo. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividen Kas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Desmond Wira. 2014. Analisis Fundamental Saham. Edisi Ketiga. Jakarta. Penerbit Exceed.

Dewi Utari, Ari Purwanti, dan Darsono Prawironegoro. 2014. Manajemen Keuangan. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Dodi Brian Chandra Purba. 2012. Analisis Laba dan aba Operasional Terhadap Kebijakan Dividen Kas pada Bank-Bank yang Terdaftar di BEI. Universitas Indonesia, Depok.

Duwi Priyanto. 2013. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Gava Media. Yogyakarta.

Dwi Prastowo. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 3, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPM. Yogyakarta.

Dyckman, Thomas R., Roland E. Dukes dan Charles J. Davis. 2011. Akuntansi Intermedite. Alih Bahasa: Heman Wibowo. Edisi 3, Erlangga. Jakarta.

Harmono. 2014. Manajemen Keuangan. Bumi Aksara. Jakarta.

Hermanto,Bambang & Agung,Mulyo. (2015) Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. CAPS. Yogyakarta.

Hery. 2015. Analisis Kinerja Manajemen. PT Grasindo. Jakarta.

Iis Siti Aisah. 2014. Penagaruh Laba Bersih dan Arus Kas Operasi Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI. Universitas Pakuan Bogor.

Irham Fahmi. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Mitra Wacana. Jakarta.

Irma Julianti. 2011. Pengaruh Laba Bersih dan Arus Kas Operasi Terhadap Dividen Payout Ratio pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Jakarta

Jumingan. 2014. Analisis Laporan Keuangan. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pos. Jakarta.

Made Sudana. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan. Erlangga. Jakarta.

Robi Kurnia Putrantiar. 2013. Pengaruh Laba Bersih dan Arus Kas dalam Memprediksi Kebijakan Dividen Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI. Universitas Sebelas Mater. Surakarta.

Rudianto. 2012. Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Erlangga. Jakarta.

Said Kelana Asnawi dan Chandra Wijaya. 2015. Manajemen Keuangan Untuk Non Keuangan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Shella Inan Fristy. 2016. Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas, dan Nilai Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi dan Bangunan yang Terdaftar di BEI. Universitas Pakuan. Bogor.

Sofyan Safri. 2013. Analisis Krisis Atas Laporan Keuangan. Rajawali. Jakarta.

Sri Irmayanti. 2010. Analisis Hubungan Antara Laba Bersih dan Arus Kas Operasi Terhadap Dividen pada Perusahaan Makanan dan Minuman Go Publik di BEI. Universitas Pancasila. Jakarta.

Sutrisno. 2013. Manajemen Keuangan. Ekonisia. Yogyakarta.

Tjiptono Darmadji dan Hendy M. Fakhruddin. 2012. Pasar Modal Di Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat

Van Home, James C., dan John M. Wachowicz. 2013. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Alih Bahasa: Quratul’ain Mubarakah. Edisi 13, Salemba Empat. Jakarta.

Wals, Ciara. 2012. Key Manajemen Ratios. Alih Bahasa: Agus Darma. Erlangga. Jakarta.

SAK 1 Januari 2015.

www.E-bursa.com (Diakses November 2016)

www.idx.co.id (Diakses November 2016)

www.sahamok.com (Diakses November 2016)

www.syariahsaham.com (Diakses November 2016)

http://www.britama.com/index.php/2012/05/sejarah-dan-profil-singkat-adhi/(Diakses Januari 2017)

http://www.britama.com/index.php/2012/08/sejarah-dan-profil-singkat-wika/(Diakses Januari 2017)

http://www.britama.com/index.php/2012/09/sejarah-dan-profil-singkat-totl /(Diakses Januari 2017)

http://www.britama.com/index.php/2012/04/sejarah-dan-profil-singkat-ptpp/(Diakses Januari 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.