PENGARUH LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR SEMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015

Dominica Dian Alicia, Monang Situmorang, Asep Alipudin

Abstract


Rasio likuiditas digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya yang jatuh tempo. Sedangkan rasio profitabilitas merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dari aktivitas bisnisnya. Secara teori, likuiditas dan profitabilitas saling berlawanan, dimana jika likuiditas mengalami kenaikan maka profitabilitas akan mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh rasio lancar terhadap rasio pengembalian atas aset pada perusahaan sub sektor semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015, (2) Untuk mengetahui pengaruh rasio cepat terhadap rasio pengembalian atas aset pada perusahaan sub sektor semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015, (3) Untuk mengetahui pengaruh rasio kas terhadap rasio pengembalian atas aset pada perusahaan sub sektor semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015, (4) Untuk mengetahui pengaruh likuiditas (rasio lancar, rasio cepat, rasio kas) secara bersama-sama terhadap rasio pengembalian atas aset pada perusahaan sub sektor semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis yang digunakan adalah statistik verifikatif, dengan menggunakan alat uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas, dan uji autokorelasi, serta uji hipotesis yang meliputi analisis determinasi, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan menggunakan model regresi linier berganda.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, secara parsial rasio lancar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap rasio pengembalian atas aset, rasio cepat tidak memiliki pengaruh positif terhadap rasio pengembalian atas aset dan rasio kas tidak memiliki pengaruh positif terhadap rasio pengembalian atas aset. Sedangkan secara simultan, rasio lancar, rasio cepat, dan rasio kas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap rasio pengembalian atas aset.


Full Text:

PDF

References


Agus Sartono. 2013. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi Ketiga, Yogyakarta: BPFE.

Andreani Caroline Barus dan Leliani. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. STIE Mikroskil. Medan.

Bambang Hermanto dan Mulyo Agung. 2012. Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: LIC.

Bambang Riyanto. 2011. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat, Yogyakarta: Yayasan Badan Penerbit Gajah Mada.

Brigham, Eugene F and Joel F. Houston. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, alih bahasa: Ali Akbar Yulianto, Buku satu, Edisi 10, Jakarta: Salemba Empat.

Claudia Yuke Kartika Setiani dan Sitohang, Sonang. 2015. Pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover, dan Umur Perusahaan terhadap Profitabilitas. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). Surabaya.

Daniel. 2016. Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di BEI. Universitas Pakuan. Bogor. (Diakses 20 Januari 2017). http://ejournal.unpak.ac.id/.

Darwi Idrus. 2011. Analisis Hubungan Tingkat Likuiditas dengan Profitabilitas pada PT Industri Kapal Indonesia (Persero). Universitas Hasanuddin. Makassar.

Deska Nur Ayu Ningtias. 2016. Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014). Universitas Pasundan. Bandung. (Diakses 15 Februari 2017). http://journal.unpas.ac.id/.

Duwi Priyatno. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Mediakom.

Gultom, Dedek Kurniawan. 2011. Pengaruh Likuiditas dan Struktur Modal terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Plastik dan Kemasan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Muhammadiyah. Sumatera Utara. (Diakses 16 Oktober 2016). http://jurnal.umsu.ac.id/.

Harahap, Sofyan Syafri. 2013. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS.

Horne, James C. Van dan John M. Wachowicz. 2012. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Edisi 13, Jakarta: Salemba Empat.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2013. Ebook Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan, Edisi Revisi, Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Irham Fahmi. 2012. Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.

Juariah. 2006. Analisis Penggunaan Sumber Dana Eksternal terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi pada PT Kalbe Farma Tbk yang Go Publik di BEJ Periode 2000-2004). Malang. http://ejournal.uin-malang.ac.id/.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lisa Puspitasari Sugiono dan Y. Jogi Christiawan. 2013. Analisa Faktor yang Mempengaruhi Likuiditas pada Industri Ritel yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2012. Universitas Kristen Petra.

Lukman Syamsuddin. 2013. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim. 2009. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Muhammad Hilmi. 2010. Analisis Penggunaan Hutang terhadap Profitabilitas padaPerusahaan Telekomunikasi yang Go Public di BEI Periode 2004-2009. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang. (Diakses 14 November 2016). http://ejournal.uin-malang.ac.id/.

Nidya Afrinda. 2013. Analisis Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Universitas Sriwijaya. Palembang. (Diakses 07 September 2016). http://ejournal.unsri.ac.id/.

Nita Rahmawati. 2012. Pengaruh Likuiditas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Telekomunikasi yang Go Public Periode 2006-2011. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang. (Diakses 17 Oktober 2016). http://ejournal.uin-malang.ac.id/.

Putri Handayani. 2007. Hubungan Likuiditas terhadap Profitabilitas pada PT Pertamina (Persero) Unit Pemasaran I Medan. Universitas Sumatera Utara.

Seftianne. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Publik Sektor Manufaktur. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, volume 13 nomor 1.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Wild, John J., dan K.R. Subramanyam. 2010. Analisis Laporan Keuangan, alih bahasa: Dewi Yanti, Edisi 10, Jakarta: Salemba Empat.

www.idx.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.