PENGGUNAAN MODEL PROBING PROMPTING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BOGOR
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bogor melalui penggunaan model probing prompting learning dan mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis teks cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan angket. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis pertama, yaitu terdapat peningkatan dalam keterampilan menulis teks cerita pendek pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting learning dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 55,15% sehingga dapat diketahui bahwa siswa kurang mampu menulis teks cerita pendek, sedangkan data postes kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 86,68% sehingga dapat diketahui bahwa siswa sangat mampu menulis teks cerita pendek. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji-t diperoleh data harga t0 = 2,38 dan d.b = 70 dengan tt taraf signifikansi 5% sebesar 1,66 serta tt signifikansi 1% sebesar 2,38. Apabila dituliskan menjadi 1,66 < 2,58 > 2,38. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks cerita pendek terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, sebanyak 27 siswa atau 75% siswa mengalami kendala ketika menyusun abstrak dan sebanyak 19 siswa dengan persentase 52,8% mengalami kendala ketika menyusun konflik, memilih ejaan, dan melakukan penataan paragraf dalam menulis teks cerita pendek. Dengan demikian, model pembelajaran probing prompting learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita pendek pada siswa meskipun sebagian kecil siswa masih mengalami kendala.
Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Cerita Pendek, Model Probing Prompting Learning
Refbacks
- There are currently no refbacks.