Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VII MTs. Insan Takwa Bogor

Asep Sunandar

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII MTs. Insan Takwa Bogor melalui penerapan model picture and picture dan mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks cerita fabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan angket. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs. Insan Takwa Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan teknik sample random sampling. Hipotesis pertama, yaitu terdapat peningkatan dalam keterampilan menulis teks cerita fabel pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 59,03% sehingga dapat diketahui bahwa siswa kurang mampu menulis teks cerita fabel. Sedangkan data postes kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 88,18% sehingga dapat diketahui bahwa siswa sangat mampu menulis teks cerita fabel . hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji-t diperoleh data harga t0 = 3,46 dan d.b = 58 dengan tt taraf signifikansi 5% sebesar 2,39 serta tt signifikansi 1% sebesar 1,67. Apabila dituliskan menjadi 1,67 < 3,46 > 2,39. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua yaitu siswa mengalami kendala menulis teks cerita fabel terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, sebanyak 25 siswa atau 75% siswa mengalami kendala ketika menggunakan kebahasaan dan sebanyak 17 dengan persentase 56,6% mengalami kendala ketika menyusun konflik, memilih ejaan, dan melakukan penataan paragraf dalam menulis teks cerita fabel. Dengan demikian, model pembelajara picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fabel pada siswa meskipun sebagian kecil siswa masih mengalami kendala.
Kata kunci: Keterampilan menulis, teks cerita fabel , model picture and picture

Refbacks

  • There are currently no refbacks.