PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BOGOR

Ervina Fadhilah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bogor, serta untuk mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis teks deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bogor. Sampel yang diperoleh adalah VII.F sebagai kelas eksperimen dan VII.H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 52.2% dengan interpretasi kurang, sedangkan pada hasil postes memperoleh nilai rata-rata 87.3% dengan interpretasi kemampuan sangat mampu. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 25%. Kemudian, dapat dilihat pula dari perhitungan mean diperoleh harga t0,99=  2,39. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,67< 3.57 >2,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks deskripsi teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, sebanyak 18 siswa (53%) mengalami kendala dalam memilih kata atau diksi. Kemudian, sebanyak 19 siswa (55%) mengalami kendala dalam menggunakan ejaan, dan sebanyak 18 siswa (53%) mengalami kendala dalam menulis teks deskripsi dengan tema yang ditentukan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bogor, meskipun pada saat menulis teks deskripsi siswa masih mengalami kendala.

 

 

 

Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran Discovery Learning, Teks Deskripsi 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.