PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI KELAS X SMA NEGERI 4 BOGOR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Kelas X SMA Negeri 4 Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 4 Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 4 Bogor. Hipotesis pertama dapat teruji kebenarannya, dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan memperoleh nilai rata-rata kelas, yaitu 60 berada pada tingkat penguasaan cukup berhasil. Untuk rata-rata nilai postes kelas eksperimen, yaitu 83 berada pada tingkat penguasaan berhasil. Kemudian dapat dilihat pula dari perhitungan mean diperoleh harga 3,55 dan d.b= 61 dengan = taraf 2,39 dan 1,67. Dengan demikian lebih besar dari yaitu 1,67<3,55>2,39. Hipotesis kedua dapat teruji kebenarannya, dibuktikan dengan adanya kendala siswa dengan adanya hasil analisis angket sebanyak 19 siswa (59%) mengalami kendala dalam menulis teks eksposisi. Kemudian 20 siswa (63%) mengalami kendala dalam penuisan EYD yang berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 4 Bogor
Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Eksposisi, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
Refbacks
- There are currently no refbacks.