PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DRAMAGA BOGOR

Gebi Juliani

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas XSMA Negeri 1 Dramaga Bogor melalui penerapan model think pair share serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks negosiasi. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Dramaga Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model think pair share dapat meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 57 dapat diketahui kemampuan siswa kurang dalam menulis teks negosiasi, sedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis teks negosiasi meningkat menjadi 76 dengan taraf kemampuan baik. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t,diperoleh data harga t0= 2,98 dan d.b. = 69 setelah melakukan pengetesan satu skor pada tabel nilai “t”. Nilai d.b. =  69 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b. yang mendekati, yaitu d.b. 60 dan diperoleh harga to 0,99= 2,39 dan harga to0,95 = 1,67. Dengan demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel < thitungyaitu 2,39 < 2,98 > 1,67 hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks negosiasihanya sebagian terbukti kebenarannya. Hasil angket menyatakan bahwa siswa dalam menulis teks negosiasi mengalami kendala dalam menulis diksi sebanyak 14 siswa atau 40%, kendala saat menentukan kalimat persuasif sebanyak 17siswa atau 49%, kendala saat menuliskan argumen sebanyak 11 atau 31 %. Dengan demikian, penerapan model think pair sharedapat meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi walaupun terdapat kendala selama proses pembelajaran. Meskipun, tidak berpengaruh besar terhadap peningkatan yang dicapai oleh siswa.

 

Kata kunci: Kemampuan menulis, teks negosiasi, model think pair share.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.