PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMA PLUS PGRI CIBINONG

Iin Wijaya

Abstract


ABSTRAK

 

         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran flash card dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur kompleks dan mengetahui kesulitan siswa kelas XI SMA Plus PGRI Cibinong dalam menulis teks prosedur kompleks menggunakan media flash card. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Plus PGRI Cibinong dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Unggulan 4 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA Unggulan 2 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan teknik pengumpulan data tes, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks dengan menggunakan media pembelajaran flash card mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata prates kelas eksperimen yaitu 51 dan nilai postes mengalami peningkatan menjadi 86. Berbeda dengan nilai di kelas kontrol nilai rata-rata pratesnya adalah 48 dan nilai postesnya 72. Berdasarkan hasil perhitungan mean diperoleh harga thitung = 3,25 lebih besar daripada harga t baik pada signifikan 0,95 dan 0,99. Pada tabel t-tes diperoleh harga t₀₉₅ =1,67 dan t₀₉₉ = 2,39 dengan demikian, thitung lebih besar daripada ttabel karena nilai ttabel< thitung yaitu 1,67 < 3,25 > 2,39. Dari hasil angket, menunjukkan sebagian siswa  mengalami kesulitan saat menulis teks prosedur kompleks dengan menggunakan media pembelajaran flash card. Dari 35 siswa, 30 siswa atau 86% menjawab tidak mengalami kesulitan dan 5 siswa atau 14% mengatakan mengalami kesulitan dalam menulis teks prosedur kompleks menggunakan media pembelajaran flash card.

 

Kata Kunci : Menulis, Teks, Flash Card.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.