PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENUNGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BABAKAN MADANG BOGOR

Jul Silviya

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan model Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks iklan siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Babakan Madang Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babakan Madang Bogor dapat diterima kebenarannya terbukti dari prates kelas eksperimen diperoleh nilai terendah 31 berada pada taraf interpretasi tidak mampu dan nilai tertinggi 61 berada pada taraf interpretasi cukup, setelah dihitung nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 46,2 berada pada taraf interpretasi kurang. Pada hasil postes di kelas eksperimen siswa mengalami peningkatan nilai postes terendah 80 berada pada taraf interprestasi baik dan nilai tertinggi 96 berada pada taraf interprestasi baik sekali diperoleh nilai rata-rata 85,4  pada taraf interpretasi baik sekali dalam keterampilan menulis teks iklan. Setelah dihitung nilai postes pengetahuan dan keterampilan siswa memperoleh nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 71 dengan nilai rata-rata 86 berada pada taraf interprestasi baik sekali setelah menggunakan model Discovery Learning. Hasil penelitian berdasarkan penghitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes diperoleh harga t0 = 3,3 dan diperoleh harga t0,95 = 1,67 dan harga t0,99  =  2,39 dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,67< 3,3 >2,39. Jadi, hasil analisis menunjukan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babakan Madang Bogor. Hipotesis kedua terdapat kendala yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babakan Madang Bogor dalam meningkatkan keterampilan menulis teks iklan melalui penerapan model Discovery Learning. Dapat diterima kebenarannya siswa mengalami beberapa kendala yaitu mengalami kendala saat memilih kata atau diksi dalam menulis teks iklan dengan taraf sebagian kecil siswa kesulitan memilih kata atau diksi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat kendala yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babakan Madang Bogor dalam meningkatkan keterampilan menulis teks iklan melalui penerapan model Discovery Learning.

 

Kata kunci : keterampilan menulis teks iklan, model Discovery Learning


Refbacks

  • There are currently no refbacks.