PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 KOTA BOGOR

Lena Saptriani

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran peningkatan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas X SMAN 9 Bogor dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua kali siklus dan postes pada akhir setiap tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi dalam bentuk foto. Hipotesis pertama berhasil dengan baik, hal tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya nilai rata-rata pada setiap siklus melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Peningkatan nilai tersebut disebabkan oleh kemampuan siswa kelas X IPA 2 dalam keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Rata-rata nilai awal keterampilan menulis teks laporan hasil observasi yaitu 73,52 dengan persentase 73%, nilai tersebut masih berada di bawah KKM 76. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata postes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi meningkat menjadi 75,32 dengan persentase 75%. Pada siklus II nilai rata-rata postes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi meningkat menjadi 90,14 dengan persentase 90%.  Hipotesis kedua dapat dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi melalui model pemberlajaran Problem Based Learning di kelas X pada siklus I dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 75%, sedangkan aktivitas siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi melalui model pemberlajaran Problem Based Learning di kelas X pada siklus II dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 88%.

Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Teks Laporan Hasil Observasi, Model Problem Based Learning

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.