PENGGUNAAN MEDIA VIDEO IKLAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTS AL HIDAYAH CITARINGGUL BOGOR

Marlina Febriani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media video iklan dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII MTs. Al Hidayah Citaringgul Bogor, serta mengetahui kendala menulis teks deskripsi. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan teknik tes, angket, dan observasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII MTs. Al Hidayah Citaringgul Bogor, melalui penggunaan media video iklan, sedangkan teknik angket digunakan untuk mengatahui kendala yang dialami siswa saat menulis teks deskipsi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 16 kelas berjumlah 586 siswa. Sampel penelitian sebanyak 72 siswa yaitu  kelas VIII-4 berjumlah 36 siswa sebagai kelas Eksperimen, dan kelas VIII-3 berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama terbukti kebenarannya, penggunaan media video iklan dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi. Hal tersebut dapat diamati dari nilai rata-rata prates kelas eksperimen yaitu 41,33 atau 41% (kuang mampu), dan nilai postes mengalami peningkatan menjadi 82,09 atau 82% (mampu). Berbeda dengan nilai di kelas kontrol nilai rata-rata pratesnya 36,79 atau 37% (tidak mampu), dan nilai postes di kelas kontrol yaitu 74,10 atau 74% (cukup mampu). Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga t00,99 = 2,39 dan harga t0 0,95 = 1,67, t0 lebih besar daripada tt 1,67 <3,4> 2,39. Hal ini membuktikan terdapat pebedaan signifikan antara hasil pembelajaran di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil angket menunjukkan bahwa siswa kelas VII MTs. Al Hidayah Citainggul Bogor, sebagian siswa masih mengalami kendala terutama dalam hal menentukan deskripsi umum terdapat 15 siswa atau 41% dapat dikatakan hampir separuhnya. Kemudian kendala dialami oleh 13 siswa 36% dapat dikatakan hampir separuhnya, siswa mengalami kendala dalam menentukan deskripsi bagian. Selanjutnya kendala yang dialami yaitu 22 siswa atau 61%, dapat dikatakan sebagian besar, siswa mengalami kendala dalam memilih kosakata pada saat menulis teks deskripsi.

 

Kata Kunci: keterampilan menulis, teks deskripsi, media video iklan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.