PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA ULANG PADA SISWA KELAS XI SMA TARUNA TERPADU BOGOR
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media film dokumenter dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita ulang pada siswa kelas XI SMATarunaTerpadu, serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis teks cerita ulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media film dokumenter, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Taruna Terpadu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA-4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan media film dokumenter dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita ulang dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 61,65% dapat diketahui kemampuan siswa cukup mampu dalam menulis teks cerita ulang, sedangkan hasil postes dengan taraf kemampuan 88,67% dengan taraf kemampuan sangat mampu. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 27,02%. Kemudian dapat dilihat pula dari perhitungan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh harga t0= 3.80 dan db = 60 dengan tttaraf signifikasi 5% sebesar 1.67 serta tttaraf signifikasi 1% sebesar 2.39. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,67 < 3,80> 2,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks cerita ulang terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan sebanyak 16 siswa (53%) mengalami kendala dalam menuangkan ide atau pikiran. Kemudian 10 siswa (33,3%) mengalami kendala dalam memilih diksi. Selain itu, 13 siswa 43% atau hampir separuhnya mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah yang sajikan. Dengan demikian penggunaan media film dokumenter dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita ulang.
Kata Kunci : Keterampilan menulis teks cerita ulang, media film dokumenter
Refbacks
- There are currently no refbacks.