PENERAPAN METODE SQ3R DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-FALLAH TLAJUNG KABUPATEN BOGOR

Nadya Arrosyadi

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode SQ3R dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Al-Fallah Tlajung Kabupaten Bogor dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami siswa kelas VIII SMP Al-Fallah Tlajung Kabupaten Bogor dalam pembelajaran membaca pemahaman teks berita dengan menggunakan metode membaca SQ3R. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Populasi  dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP AL-Fallah Tlajung Kabupaten Bogor. Sampel  penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hipotesis pertama yaitu metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Al-Fallah Tlajung Kabupaten Bogor dapat diterima kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil pengetahuan dan keterampilan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 69,23 berada pada interpretasi cukup berhasil sedangkan postes pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 88, berada pada interpretasi berhasil sekali. Berdasarkan hasil perbandingan mean kelas ekperimen dan kontrol dengan menggunakan rumus uji t diperoleh  data harga t0= 3,9 dan d.b = 48 dengan t taraf dituliskan menjadi 2,68 <3,9> 2,42 hal tersebut menunjukan peningkatan yang singnifikan. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam membaca pemahaman teks berita terbukti kebenarannya. Hasil angket menyatakan bahwa 13 siswa atau 52% mengalami kendala pada tahap question. Kendala dalam menyimpulkan teks berita sebanyak 15 siswa atau 60%. Kendala menentukan diksi sebanyak 15 siswa atau 60%. Dengan demikian penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca walaupun terdapat kendala selama proses pembelajaran. Meskipun, tidak berpengaruh besar terhadap peningkatan yang dicapai oleh siswa.

Kata kunci : Keterampilan Membaca Pemahaman, Teks Berita, Metode SQ3R.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.