PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI SISWA KELAS VIII MTs INSAN TAKWA BOGOR

Rinawati Rinawati

Abstract


ABSTRAK

 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII MTs Insan Takwa Bogor, serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen.Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes, observasi, dan angket.Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII MTs Insan Takwa Bogor.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel, yaitu menggunakan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama, yaitu penerapan modelProblem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan menulis teks diskusi dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas, 39,3% dapat diketahui taraf kemampuan siswa berada pada tingkat tidak mampu dalam menulis teks diskusi, sedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis teks diskusi meningkat menjadi 89,7% dengan taraf kemampuan sangat mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol tt taraf signifikasi 1% sebesar 2,39 dan apabila dituliskan menjadi 1,67<3,49>2,39. Hal tersebut menunjukkan tingkat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen.Hipotesis kedua, yaitu kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks diskusi terbukti kebenarannya.Berdasarkan hasil angket yang didapatkan sebanyak (65%)sebagian besar siswa mengalami kendala dalam menyusun struktur teks diskusi berupa isu/permasalahan.Kemudian sebanyak (61%) siswa sebagian besarmengalami kesulitan menggunakan ciri Bahasa dalam menulis teks diskusi.Selain itu, (58%) siswa atau sebagian besar kesulitan memecahkan masalah yang disajikan dalam menulis teks diskusi. Dengan demikian, modelProblem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks diskusi, meskipun siswa masih mengalami beberapa kendala

.

Kata kunci: Model Problem Based Learning, Menulis Teks Diskusi

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.