MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTS JAM’IYYATUL AULAD PASANGGRAHAN PALABUHANRATU KABUPATEN SUKABUMI

Siti Nurhasanah

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi serta kendala yang dialami oleh siswa kelas VIII MTs Jam’iyyatul Aulad Pasanggrahan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi dalam teks eksplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs Jam’iyyatul Aulad Pasanggrahan Palabuhanratu. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama, yaitu Penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi terbukti kebenarannya. Nilai rata-rata prates di kelas eksperimen 41,36 yang menunjukan taraf kurang mampu. Setelah menggunakan model discovery learning siswa mengalami peningkatan pada nilai postes dengan nilai rata-rata 85,13 yang menunjukan taraf sangat mampu. Berdasarkan hasil perbandingan mean dengan rumus uji t , diperoleh data harga t0 = 3,29 dan d.b. = 78 dengan tt taraf signifikansi 5% sebesar 1,67 dan tt taraf signifikansi 1%  sebesar 2,39 dan apabila dituliskan menjadi 1,67<3,29>2,39. Hasil tersebut menunjukan keberhasilan dalam penelitian karena t0 jauh lebih besar daripada tt. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi melalui model discovery learning terbukti kebenarannya. siswa mengalami kendala dalam pembelajaran teks eksplanasi melalui model discovery learning. Hasil angket menunjukan bahwa 47,5% mengalami kendala dalam menggunakan istilah-istilah umum dalam menulis teks eksplanasi, 37,5% mengalami kendala dalam menemukan data/informasi mengenai masalah yang diajukan oleh guru, dan 45% mengalami kendala dalam masalah yang diberikan guru. Dengan demikian, model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi. Meskipun sebagian siswa masih mengalami kendala. 

 

Kata Kunci : Model discovery learning, Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.