PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 CIBINONG BOGOR

Winarti Mulyaningsih

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran peningkatan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui model pembelajaran Discovery Learning siswa kelas X SMA Negeri 3 Cibinong dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam menulis teks laporan hasil observasi melalui model Discovery Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua kali siklus dan postes pada akhir setiap tindakan. Rata-rata nilai awal keterampilan menulis teks laporan hasil observasi yaitu 57,97 dengan persentase 58%, nilai tersebut masih jauh dari KKM 75. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata postes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi meningkat menjadi 70,91 dengan persentase 71% tetapi masih di bawah KKM 75. Pada siklus II nilai rata-rata postes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi meningkat menjadi 81,77 dengan persentase 82%, nilai tersebut sudah mampu mencapai KKM 75. Keberhasilan penerapan model pembelajaran Discovery Learning terlihat pula pada perbedaan yang signifikan antara hasil tes menulis teks laporan hasil observasi pada postes mengalami kenaikan 11%, pada siklus I sebesar 71% dan siklus II sebesar 82%. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas ini berhasil meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.

Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Laporan Hasil Observasi, Model Discovery Learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.