SISTEM KOMPUTERISASI DATA SUKU CADANG KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA BERBASIS WEB

Michael Ferdinand Hutabarat, Dr. Sri Setyaningsih,M.Si, Arie Qur'ania, M.Kom

Abstract


Pengolahan data stok barang (sparepart) pada bengkel Andrian Motor masih dilakukan secara manual, yaitu dengan menggunakan buku besar, akibatnya pengolahan data tersebut memakan waktu yang lama. Padahal untuk mengolah data barang (sparepart) diperlukan ketelitian dan ketepatan. Dokumentasi data barang di suatu perusahaan / badan usaha sangat penting dilakukan. Dengan semakin banyaknya data barang yang masuk dan keluar di suatu perusahaan / badan usaha, maka perlu dilakukan komputerisasi pencatatan data.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diupayakan untuk menerapkan sistem aplikasi khusus untuk pengelolalan data barang (sparepart), yang dapat melakukan penanganan data-data barang yang akan diolah ke dalam sebuah pangkalan data (database) serta merancang suatu aplikasi yang dapat membantu kerumitan-kerumitan yang dialami selama ini, dengan harapan informasi yang dibutuhkan dapat berjalan secara cepat dan akurat.

Aplikasi ini dibuat menggunakan pemrograman PHP dan database MySQL, yang diharapkan dapat membantu dalam pencatatan transaksi pembelian dan penjualan barang, sehingga dapat lebih meningkatkan efektivitas kerja serta menyediakan informasi dengan cepat dan akurat untuk meningkatkan kepuasan konsumen.

Kata Kunci : Sparepart, Inventory, Pembelian, Penjualan, PHP, MySQL


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.